< Tips

4 Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca

4 Cara Meningkatkan Kecepatan Membaca

Tips

Pernahkah Anda berada dalam sebuah meeting dan merasa bahwa orang-orang membaca presentasi dengan lebih cepat dibanding Anda? Jika demikian mungkin Anda sebaiknya mampu menyesuaikan diri dengan orang-orang di sekitar Anda.

Berikut adalah beberapa cara yang dapat meningkatkan kecepatan Anda dalam membaca tanpa mengurangi tingkat komprehensi:

1. Menyaring teks secara selektif
Bertentangan dari anggapan bahwa kita harus membaca semua kata, sebuah studi dari H.Y. McClusky menujukkan bahwa kita dapat menghemat waktu dengan menyaring kata.

Meski demikian, Anda harus melakukannya dengan baik agar tetap mengerti pesan yang disampaikan. Sebagai contoh, disarankan untuk membaca bagian pembuka dan kesimpulan dari sebuah teks.

2. Gunakan pointer
Membaca dengan menujuk mungkin mengingatkan Anda tentang pengalaman masa kecil. Menurut Mindstool.com, menggunakan pointer dapat membuat mata dan otak Anda lebih fokus. Cobalah untuk melakukannya dan rasakan bahwa kecepatan membaca Anda akan meningkat.

3. Miliki tujuan
Menetapkan tujuan dalam membaca akan memicu rasa penasaran dan menyiapkan pikiran untuk menerima informasi. Baik itu untuk menambah informasi atau sekedar relaksasi, cobalah untuk memiliki tujuan untuk membaca sebuah materi teks. Proses ini dapat membuat Anda lebih bersiaga sehingga dapat meningkatkan kemampuan komprehensi.

4. Membaca sebagai hiburan
Kita selalu lebih termotivasi untuk melakukan sesuatu yang penting bagi kita, termasuk ketika membaca. Saat membaca, cobalah untuk menemukan topik yang menarik minat dan antusiasme Anda. Dengan demikian, otak Anda akan lebih mudah dalam memproses dan mencerna kata-kata.