< Recreation

4 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa

4 Hal yang Harus Anda Lakukan Saat Berkunjung ke Pelabuhan Sunda Kelapa

Recreation

Sebagai pelabuhan yang bersejarah, Sunda Kelapa menjadi salah satu obyek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Tak hanya wisatawan lokal, wisatawan mancanegara pun banyak yang menyempatkan diri mengunjungi pelabuhan ini. Jika Anda juga tertarik mengunjungi Pelabuhan Sunda Kelapa, jangan lupa melakukan empat hal ini agar kunjungan Anda semakin berkesan. Apa sajakah itu? Cari tahu jawabannya di bawah ini!

1. Berkeliling dengan Sampan
Nelayan-nelayan di Pelabuhan Sunda Kelapa biasanya menggunakan sampan sebagai alat transportasi mereka di sekitar pelabuhan. Tak jarang, nelayan-nelayan ini juga bersedia mengangkut wisatawan yang ingin mencoba mengelilingi kawasan perairan Sunda Kelapa menggunakan sampan. Para nelayan ini biasanya mematok tarif Rp5.000,- hingga Rp10.000,- per orang.

2. Melihat Kapal Pinisi
Pelabuhan Sunda Kelapa merupakan pelabuhan bagi kapal-kapal dagang sejak masa Kerajaan Padjajaran, dan masih berlangsung hingga saat ini. Namun, jenis kapal yang umumnya bersandar di pelabuhan ini berbeda dengan pelabuhan lainnya. Pelabuhan Sunda Kelapa didominasi kapal pinisi, yakni kapal layar tradisional yang berasal dari suku Bugis. Jika mendapatkan izin dari pemilik kapal pinisi, Anda juga bisa, lho, naik ke atas kapalnya.

Photo Source: Check In Jakarta doc

3. Aktivitas Bongkar Muat Barang
Layaknya kehidupan di pelabuhan, aktivitas yang dapat dilihat adalah bongkar muat barang. Barang-barang yang akan dikirim akan dimasukkan ke dalam kapal dengan menggunakan alat-alat bantu. Di sinilah letak keunikannya, wisatawan dapat melihat aktivitas bongkar muat barang secara tradisional. Para pekerja mengangkut barang-barang ke dalam kapal dengan cara memanggulnya. Untuk bisa naik ke atas kapal, para pekerja ini akan melewati titian yang hanya terbuat dari kayu.

4. Mengabadikan Momen Matahari Terbenam
Momen matahari terbenam selalu menjadi objek yang sangat menarik untuk diabadikan, tak terkecuali di Pelabuhan Sunda Kelapa. Siluet-siluet kapal pinisi dengan latar belakang langit berwarna jingga terlihat mengagumkan, sayang rasanya jika Anda tidak mengabadikan keindahan ini. Yuk, jalan-jalan ke Pelabuhan Sunda Kelapa weekend ini!

Address

Jl. Maritim Raya, Pademangan, Jakarta Utara


SEE MAP