< Business

4 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Memilih Asuransi

4 Hal yang Harus Anda Lakukan Sebelum Memilih Asuransi

Business

Bangkrut karena tidak memiliki asuransi kesehatan? Kenyataan itu sangat mungkin terjadi, mengingat biaya pengobatan saat ini sangat menguras keuangan. Untuk itulah asuransi kesehatan dibutuhkan.

Namun, memilih asuransi kesehatan saat ini adalah hal yang cukup menyulitkan dikarenakan banyaknya penyedia asuransi kesehatan. Anda pun menjadi bingung untuk memilih mana produk asuransi yang bisa dipilih sesuai dengan kondisi keuangan?

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan saat akan memilih asuransi kesehatan, sehingga kelak Anda bisa mendapatkan asuransi kesehatan yang berkualitas namun dengan premi terjangkau. Simak cara-caranya di bawah ini!

1. Pilih Rawat Inap
Cek dan bandingkan terlebih dahulu, mana yang lebih mahal, rawat inap atau rawat jalan? Sebab, ketika mendaftar asuransi kesehatan, Anda akan ditawari dua pilihan tersebut. Tentu lebih baik memiliki keduamya. Namun, premi yang harus dibayar juga lebih mahal. Lalu, mana yang harus dipilih? Pilihlah untuk memiliki pertanggungan rawat inap. Karena rawat inap membutuhkan banyak biaya lebih dari rawat jalan.

2. Pilih Asuransi Kesehatan Murni
Hal lain yang sering ditawarkan oleh asuransi kesehatan adalah sistem paket dengan asuransi lain, seperti asuransi jiwa dan asuransi kesehatan murni. Asuransi paket biasanya membutuhkan biaya premi yang lebih tinggi karena harus dibagi dengan fitur lain. Agar lebih hemat, pilihlah asuransi kesehatan murni. Jadi, premi asuransi yang akan Anda bayar hanya untuk biaya kesehatan saja.

3. Pilih Sistem Pembayaran Cashless dan Luasnya Pilihan Rumah Sakit
Ada dua sistem pembayaran dalam asuransi kesehatan, membayar dengan uang Anda terlebih dahulu (reimbursement) dan cashless, yakni pembayaran menggunakan kartu asuransi kesehatan yang Anda miiliki.

Pilihlah cashless di mana Anda tidak perlu mengeluarkan uang sama sekali. Dengan sistem ini, Anda hanya perlu membawa kartu khusus yang dikeluarkan oleh pihak asuransi. Tentu Anda harus memberikan deposit terlebih dahulu, sebelum mendapatkan kartu khusus tersebut.

Namun, pastikan juga jaringan rumah sakit yang dimiliki asuransi Anda banyak. dan bisa menerima sistem pembayaran secara cashless.

4. Bandingkan Asuransi Kesehatan Secara Online
Anda pasti menginginkan asuransi kesehatan dengan premi murah, namun memiliki pertanggungan yang lengkap. Sayangnya, hal itu tidak akan pernah terjadi. Di sinilah pentingnya Anda untuk membandingkan asuransi kesehatan yang sesuai. Anda bisa membandingkannya secara online yang saat ini sudah tersedia. Mulai dari layanan yang bisa diterima, premi yang harus dibayarkan, hingga keuntungan-keuntungan tambahan lainnya bisa Anda ketahui hanya dengan satu kali klik. Selamat mencoba!