< Tips

4 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Maag Jika Ingin Berpuasa

4 Hal yang Harus Dilakukan Penderita Maag Jika Ingin Berpuasa

Tips

Penderita sakit maag disarankan untuk sering makan, agar lambung tidak kosong, dan semakin terluka. Lalu bagaimana jika bulan Ramadan seperti sekarang ini? Apakah penderita maag tidak bisa berpuasa? Bisa kok! Berikut tips yang harus diperhatikan penderita maag jika ingin berpuasa.

1. Kenali Penyebab Maag dan Obatnya
Tiap penderita maag memiliki penyebab yang berbeda-beda. Bisa karena pola makan yang tidak teratur, terlalu banyak mengonsumsi makanan berlemak, stres, atau hal lainnya. Kenali dulu apa yang menjadi penyebab Anda menderita penyakit maag, lalu konsultasikan dengan dokter, apa obat yang terbaik, dan Anda bisa menjalani ibadah puasa.

2. Hindari Semua Makanan yang Dilarang
Makanan yang tidak boleh dikonsumsi penderita maag cukup banyak, seperti gorengan, tomat, makanan yang mengandung rasa masam atau gas, makanan yang bumbunya terlalu menyengat, dan cokelat. Ketika berbuka, Anda juga disarankan untuk tidak langsung menyantap makanan berat, karena akan membuat lambung Anda ‘kaget’. Makanlah tiga buah kurma saat berbuka puasa untuk melatih lambung kembali bekerja secara perlahan.

3. Jangan Minum Sembarangan
Selama berpuasa, kurangi minum kopi, teh, terlebih lagi minuman bersoda. Karena minuman-minuman tersebut dapat memicu peningkatan asam lambung. Sebaiknya, perbanyaklah minum air putih dan segelas susu saat sahur.

4. Kenali Gejalanya, Batalkan Segera Jika Dirasa Mulai Kambuh
Anda harus benar-benar memahami gejala maag saat mulai kambuh, seperti sakit di ulu hati, mual, kembung, cepat kenyang, kurang nafsu makan, dada terasa panas seperti terbakar, dan mulut terasa pahit. Jika gejala ini mulai Anda rasakan, sebaiknya batalkan puasa Anda. Anda juga tidak diperbolehkan memaksakan diri untuk tetap berpuasa saat sedang sakit. Semoga tips ini bermanfaat!