< FYI

4 Informasi yang Bisa Didapat dari Jakarta Smart City

4 Informasi yang Bisa Didapat dari Jakarta Smart City

FYI

Situs portal Jakarta Smart City (http://smartcity.jakarta.go.id) merupakan sebuah layanan masyarakat yang memanfaatkan teknologi dan komunikasi, dipersembahkan oleh Pemprov DKI Jakarta. Berbagai informasi bisa Anda akses di portal ini yang tentunya bisa memudahkan Anda. Informasi tentang apa saja, ya, yang bisa Anda dapatkan di Jakarta Smart City? Simak di bawah ini!

1. Daftar Produk yang Terdaftar di BPOM
Sebelum membeli obat ataupun makanan di pedagang kaki lima, Anda bisa mengecek terlebih dahulu apakah obat tersebut sudah terdaftar di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) atau belum. Caranya adalah dengan membuka pilihan Maps di portal Jakarta Smart City, pilih portal Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan, lalu pilih menu PKL Online. Di menu ini, Anda bisa memilih produk kaki lima tempat Anda akan membeli, kemudian saat produk yang dipilih sudah muncul, pilih tombol klik. Kemudian keterangan mengenai apakah produk tersebut sudah terdaftar di BPOM bisa terlihat. 

2. Melihat Jalur Hijau di Jakarta
Jakarta sedang gencar-gencarnya menertibkan bangunan yang berdiri di jalur hijau. Anda pun bisa mengecek apakah bangunan rumah atau bisnis Anda berdiri di jalur hijau atau tidak melalui portal Jakarta Smart City. Caranya, Anda hanya tinggal memilih portal Dinas Penataan Kota dan zona bangunan pun bisa terlihat area mana yang termasuk zona hijau. 

3. Informasi Harga Tanah
Melalui portal ini, Anda juga bisa mengetahui informasi mengenai harga tanah berdasarkan hasil survei kantor wilayah Badan Pertanahan Nasional. Di sini, Anda bisa melihat harga tanah berdasarkan klasifikasi warna yang tertera di peta. Semakin gelap warnanya, maka semakin mahal pula harga tanahnya. Harga tanah pun sudah tertera langsung di peta sehingga informasi mengenai harga tanah bisa dengan mudah Anda dapatkan. Nice

4. Informasi Harga Pangan
Selain bisa diakses melalui situsnya, Jakarta Smart City juga bisa Anda akses melalui aplikasi untuk smartphone. Di aplikasinya, ada informasi mengenai harga pangan dan sembako di setiap pasar yang terdaftar di aplikasi. Harga yang tercantum merupakan data dari http://www.infopangan.jakarta.go.id sehingga informasinya tidak perlu diragukan lagi. So, sebelum tawar menawar di pasar, ada baiknya Anda mengetahui harga pasar untuk pangan dan sembako, ya!