< Tips

4 Kekeliruan Umum Saat Memilih Karier

4 Kekeliruan Umum Saat Memilih Karier

Tips

Karier merupakan perkembangan dan kemajuan seseorang dalam perkerjaan. Sangat wajar apabila seseorang ingin maju dalam kariernya. Apalagi dengan bertambahnya usia, pasti ada target tertentu yang ingin dicapai dalam karier seseorang.

Tetapi tidak sedikit dari kita yang terjebak dalam karier akibat kekeliruan yang dilakukan. Supaya tidak terjebak dalam karier, sebaiknya hindari 4 kekeliruan umum berikut ini.

1. Mencari Pekerjaan Mudah
Penting sekali mengetahui kelebihan dan menghargai kemampuan sendiri. Janganlah takut untuk mengejar maupun menerima tanggung jawab yang lebih besar apabila ingin mengembangkan dan meningkatkan karier Anda.

Bila Anda hanya menginginkan pekerjaan mudah, jangan harap penghasilan dan karier yang Anda miliki akan berkembang. Karena pekerjaan mudah biasanya berada di posisi terbawah.

Jika nyaman dengan pekerjaan yang mudah berarti Anda tidak mau mengembangkan dan memajukan karier Anda sendiri. Kuncinya adalah berani bereksloprasi dan tidak takut menerima tantangan.

2. Bekerja Hanya Karena Gaji Besar
Semua orang pasti membutuhkan uang. Memang menerima gaji yang besar sangat menggiurkan. Tetapi buat apa mengerjakan sesuatu yang tidak Anda sukai demi uang? Karena hal tersebut tidak akan bertahan lama, kecuali pekerjaan tersebut sesuai dengan passion (minat atau ketertarikan) Anda.

Bila Anda bekerja hanya untuk mendapatkan gaji yang besar, tidak menutup kemungkinan Anda akan terjebak dalam karier yang tidak Anda cintai.

3. Menerima Pekerjaan yang Ditawarkan
Apabila Anda mendapatkan tawaran pekerjaan dari sebuah perusahaan atau orang lain hanya karena Anda tidak ingin dicap sebagai pengangguran, sebaiknya pikirkan kembali baik-baik. Karena ini bisa menjadi jebakan dan hambatan bagi karier Anda.

Dalam hal ini, lupakanlah apa pendapat orang lain mengenai keadaan Anda. Karena ini adalah hidup Anda dan keputusan berada sepenuhnya di tangan Anda. Kecuali hal yang ditawarkan tersebut sesuai dengan minat Anda.

4. Memilih Pekerjaan Atas Saran Orang Tua
Terkadang tidak ada salahnya mengikuti saran orang tua. Tetapi bukan berarti profesi orang tua dijadikan profesi Anda juga kan? Ingat, manusia diciptakan berbeda-beda dan memiliki keunikan masing-masing. Tidak sedikit orang yang bekerja atas pilihan orang tuanya, bukan atas minat sendiri.

Nah, apabila Anda adalah salah satu orang yang mengalami hal ini, sebaiknya pikirkan kembali masa depan Anda. Karena biar bagaimanapun Anda yang menjalankan pekerjaan tersebut. Kalau Anda tidak menyukai pekerjaan atas pilihan orang tua, hal ini tentunya akan membuat Anda merasa tertekan yang mengakibatkan stres. Sehingga hal ini dapat menyebabkan kemunduran karier Anda.

Solusinya, jangan pernah takut untuk menunjukkan apa minat maupun potensi yang dimiliki untuk mengembangkan karier Anda. Terus fokus dan tekuni minat Anda.