< Business

4 Kiat Sukses Menjalani Bisnis EO

4 Kiat Sukses Menjalani Bisnis EO

Business

Salah satu bisnis yang saat ini tengah diminati sebagian besar anak muda adalah bisnis Event Organizer atau EO. Bisnis ini cukup menjanjikan, karena semakin banyak orang yang lebih memilih menggunakan jasa EO untuk mengadakan berbagai acara. Selain lebih mudah dan praktis, dengan memanfaatkan jasa EO pemilik acara dapat fokus ke hal lainnya.

Tentunya dalam bisnis apapun persiapan adalah segalanya, termasuk bisnis EO. Selain menyiapkan konsep acara dan tim yang solid, mereka yang berkecimpung di bisnis ini juga perlu mempersiapkan perencanaan keuangan sebaik-baiknya. Tanpa perhitungan dan kalkulasi yang tepat, sebuah acara yang berhasil diselenggarakan dengan baik oleh EO bisa juga mengakibatkan kerugian.

Ada beberapa cara mengatur keuangan yang baik agar bisnis EO yang Anda jalani bisa sukses. Yuk, simak kiat-kiatnya di bawah ini!

1. Hitung Anggaran dengan Benar
Pertama, buatlah daftar semua anggaran yang akan dikeluarkan. Catat dan evaluasi sampai Anda benar-benar yakin dengan jumlah tersebut. Jangan sampai ada anggaran yang lupa dicatat, termasuk biaya tak terduga. Yang terpenting, anggaran yang dibuat tersebut berdasarkan riset! Bila perlu, gunakan software khusus pembukuan yang dapat membantu Anda mengontrol biaya-biaya yang akan dikeluarkan nantinya.

2. Perhatikan Timeline Pembayaran
Anda juga harus memperhatikan kapan pihak klien akan melakukan pembayaran hingga lunas. Jangan sampai hitungan kapan uang masuk dan kapan uang keluar justru meleset dari perkiraan atau dari waktu yang sudah dijanjikan. Perencanaan cashflow seperti ini akan sangat membantu siapa saja yang memiliki bisnis EO.

3. Evaluasi Tim Secara Berkala
Dalam bisnis apapun, tim adalah aset yang paling berharga. Sangat penting untuk memastikan bahwa Anda memiliki tim terbaik dan berada pada komposisi yang tepat, untuk itu dibutuhkan evaluasi tim secara berkala. Satu saja anggota tim Anda tidak bekerja dengan maksimal, maka kemungkinan akan mempengaruhi kesuksesan acara yang ditangani.

4. Mengikuti Tren Terbaru
Dalam menjalani bisnis EO, Anda dituntut untuk selalu mengikuti berbagai perkembangan dan juga tren yang terjadi di tengah-tengah masyarakat. Hal ini bertujuan agar acara yang Anda tangani tidak terkesan ketinggalan zaman atau monoton. Semoga sukses!