< FYI

4 Makanan ini yang Tidak Disadari Mengandung Gula Tinggi

4 Makanan ini yang Tidak Disadari Mengandung Gula Tinggi

FYI

Untuk mencegah timbulnya penyakit gula atau diabetes, banyak masyarakat mencoba menghindari beberapa makanan yang diketahui mengandung gula cukup tinggi. Namun ternyata, ada beberapa makanan yang tanpa Anda ketahui mengandung gula tambahan yang tak kalah tingginya, lho. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya:

1. Protein Bar
Jika dilihat sekilas memang protein bar tampak menyehatkan dan mengandung bahan-bahan organik, namun alangkah baiknya jika Anda lebih teliti dalam memilih. Beberapa protein bar diketahui mengandung gula yang begitu banyak di dalamnya. Jadi, jangan sampai Anda malah mengonsumsi gula berlebih karena tidak mengetahui hal ini.

2. Selai Kacang
Sebagian orang mungkin ada yang ketagihan dengan selai kacang, karena umumnya selai kacang memiliki rasa yang enak. Rasa enak ini didapat dari gula, sirup tebu, atau madu di dalamnya.

Jika memang Anda ingin menekuni pola hidup sehat, belilah selai yang 100 persen terbuat dari kacang tanpa pemanis tambahan.

3. Yoghurt
Mungkin Anda akan kaget begitu tahu yoghurt juga termasuk makanan yang tinggi gula. Tahukah Anda bahwa yoghurt yang rendah lemak justru sering kali ditambahkan sirup gula untuk meningkatkan rasa?

Daripada membeli yoghurt yang memiliki rasa, lebih baik Anda membeli yogurt polos, lalu menambahkannya dengan buah atau kacang-kacangan. Dijamin tak kalah nikmatnya dengan yoghurt yang sudah memiliki rasa.

4. Sosis, Daging Asap, dan Ham
Berbeda dengan 3 makanan di atas yang memang memiliki rasa manis, nyatanya banyak sosis, daging asap, atau ham dengan rasa asin namun mengandung gula di dalamnya. Terlebih lagi, produk-produk ini juga mengandung pewarna, perasa, dan pengawet buatan seperti nitrat, nitrit, dan sodium benzoat.

Jadi, cermatlah dalam memilih makanan kemasan yang ingin Anda beli, jika memang Anda menginginkan pola hidup yang sehat!