< FYI

4 Manfaat yang Didapatkan dengan Berolahraga Kardio

4 Manfaat yang Didapatkan dengan Berolahraga Kardio

FYI

Istilah ‘olahraga kardio’ mungkin sudah sering Anda dengar, namun tahukah Anda apa sebenarnya olahraga kardio? Dilansir dari Kompas.com, kardio merupakan singkatan dari kardiovaskular, yakni segala sesuatu yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah, olahraga kardio memiliki tujuan untuk meningkatkan detak jantung dan memperlancar aliran darah. Biasanya olahraga kardio terdiri dari kegiatan seperti berjalan, berlari, berenang, bersepeda, aerobik, hingga hiking.

 

Olahraga kardio membuat Anda menggerakkan dan menguatkan otot-otot besar, termasuk yang ada di jantung. Jika olahraga ini dilakukan secara rutin, aliran darah Anda bisa menjadi lebih cepat dan bermanfaat untuk menghindari risiko penyakit kardiovaskular seperti jantung dan stroke akibat penyumbatan pada pembuluh darah. Namun, selain itu ada juga, lho, manfaat olahraga kardiovaskular untuk organ dan bagian tubuh kita yang lainnya. Apa saja, ya? Simak di bawah ini!

 

1. Paru-paru
Menurut Jeremy Barnes, seorang professor di Southeast Missouri State University, olahraga kardio dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan oksigen secara efisien. Olahraga kardio juga dapat mempercepat laju darah segar yang mengandung banyak oksigen ke seluruh tubuh. Tentu hal ini akan sangat membantu kinerja paru-paru yang bertugas mengatur kadar oksigen dan membantunya lebih optimal dalam membuang karbon dioksida dari dalam tubuh.

 

2. Otak
Menurut sebuah studi dari Academy of Neurology, seseorang yang berolahraga kardio secara rutin dapat menyelesaikan tugas kognitif 25% lebih baik dibanding yang jarang berolahraga. Olahraga kardio juga dapat meningkatkan kemampuan otak dalam hal ingatan karena olahraga kardio meningkatkan suplai darah ke otak yang otomatis akan meningkatkan kemampuan otak.

 

3. Kulit
Bila aliran darah dalam tubuh menjadi lancar berkat olahraga kardio, hal ini juga akan bermanfaat pada kulit Anda yang akan menjadi sehat dan bercahaya. Tentu ini yang diidam-idamkan seluruh wanita, bukan? Lancarnya aliran darah juga akan membuat kulit mendapatkan nutrisi yang baik serta asupan oksigen yang cukup.

 

4. Perut
Yang terakhir, olahraga kardio akan sangat bermanfaat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Hal ini dalam artian Anda harus membakar lebih banyak kalori dari yang sudah masuk ke dalam tubuh Anda. Dengan ini, Anda bisa menurunkan berat badan terutama pada bagian perut yang juga dapat menghindari risiko terkena penyakit diabetes tipe 2. Masih punya alasan untuk tidak berolahraga?