Sunday, June 16, 2019
Company
Company

4 Pembayaran QR Code Milik Bank-bank Ternama

Spectr News Theme Isny Dewi R.
11, February 2019
736

Di zaman yang serba canggih ini pilihan sistem pembayaran semakin banyak. Salah satunya yang kini semakin marak digunakan adalah sistem pembayaran menggunakan QR (Quick Response) code. Sistem pembayaran digital terbaru ini banyak dipilih anak-anak muda untuk melakukan pembayaran online karena lebih mudah dan cepat. Anda cukup men-scan QR code tiap kali akan melakukan pembayaran. Tentunya membutuhkan koneksi internet untuk melakukan transaksi digital ini.

Bank-bank besar di Indonesia pun kini turut merambah menyediakan teknologi QR payment. Berikut empat bank besar di Indonesia yang sudah meluncurkan sistem QR payment.

1. QRku (BCA)
Sebelumnya QR payment hanya bisa digunakan pada Sakuku, tapi sekarang QRku sudah bisa digunakan di aplikasi m-banking BCA. Jadi, bagi Anda yang sudah memiliki aplikasi m-banking dapat menikmati kemudahan yang diberkan QRku.

Kelebihan dari QRku BCA adalah Anda bisa transfer uang ke sesama nasabah BCA yang memiliki aplikasi m-banking atau Sakuku hanya dengan scan QR code, jadi tidak perlu repot-repot lagi minta nomor rekening jika ingin transfer uang. Selesai melakukan pembayaran, nantinya akan ada pesan masuk yang mengatakan bahwa transfer berhasil.


Photo Source: Check In Jakarta doc.

2. YAP! (BNI)
BNI sendiri menjadi bank pertama di Indonesia yang meluncurkan teknologi QR payment. Namanya pun cukup unik, YAP! (Your All Payment). YAP! juga sangat populer karena sering menawarkan berbagai promo menarik untuk para nasabahnya. Kelebihan lainnya adalah YAP! menggunakan tiga sumber dana, yaitu Kartu Debit, Kartu Kredit, dan Uang Elektronik BNI (UnikQu) sesuai pilihan pengguna saat bertransaksi.

3. Mandiri Pay (Bank Mandiri)
Bank Mandiri belum lama ini meluncurkan fitur pembayaran QR payment-nya. Uniknya, Mandiri Pay bisa digunakan untuk siapa saja meski bukan nasabah Bank Mandiri. Jika Anda bukan nasabah Bank Mandiri, Anda bisa top-up menggunakan akun e-cash. Tidak perlu susah payah membuatnya, setiap pengguna Mandiri Pay akan secara otomatis memiliki akun e-cash. Jadi Anda bisa isi saldo di manapun.

4. MY QR (BRI)
Transaksi pembayaran melalui MY QR menggunakan T-bank sebagai sumber dana (source of fund). T-bank sendiri merupakan produk uang elektronik server based milik Bank BRI. Untuk menggunakan fitur QR payment milik BRI ini, Anda dapat mengunduh aplikasinya terlebih dulu.

Isi ulang saldo MY QR sangat mudah. Diantaranya melalui unit kerja BRI, mesin ATM BRI/bank lain, mesin CRM, EDC, agen BRILink, internet banking, dan mobile banking. Dengan kata lain MY QR dapat digunakan baik untuk nasabah BRI, nasabah bank bain, maupun masyarakat unbanked. MY QR juga menjadi pelopor QR payment yang mengizinkan nasabah bank lain dan masyarakat unbanked menggunakan fitur ini.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration