< FYI

4 Perbedaan Cold-Pressed Juice dengan Jus Blender Biasa

4 Perbedaan Cold-Pressed Juice dengan Jus Blender Biasa

FYI

Makanan sehat sekarang semakin beragam jenisnya, salah satunya adalah cold-pressed juice yang telah dikenal sebagai minuman yang dikonsumsi untuk detox kesehatan. Ingin tahu apa kelebihan cold-pressed juice dibanding jus yang diekstrak menggunakan blender biasa? Lihat di bawah ini!

1. Vitamin & Mineral Lebih Banyak
Cold-pressed juice dibuat menggunakan masticating juicer dengan tekanan hidrolik yang tidak menghasilkan panas seperti blender sentrifugal biasa. Panas akan bereaksi dengan enzim dalam buah dan membuat vitamin dan mineral berkurang. Hal inilah yang membuat Anda bisa mengonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral dari cold-pressed juice dibanding jus biasa. Sudah dibuktikan juga oleh Korean Food Research Institute, lho.


Photo source: http://flickr.com

2. Dibuat Lebih Lama, Tahan Lebih Lama
Walaupun proses juicing lebih lama dibanding jus blender biasa, tapi proses pembuatannya yang tidak menghasilkan panas membuat cold-pressed juice bisa bertahan selama 3 hari di kulkas. Dengan catatan, Anda mengemasnya dalam kemasan yang tertutup rapat, ya. Sementara jus yang dibuat dengan blender akan mengalami oksidasi lebih cepat karena adanya panas dalam proses juicing.

3. Ekstraksi Maksimal
Mesin masticating juicer yang digunakan untuk membuat cold-pressed juice menghasilkan ekstrak jus dari buah maupun sayur yang lebih maksimal dibanding blender sentrifugal. Anda bisa melihat dari ampas yang dihasilkan. Ampas dari juicer biasa akan cenderung basah karena masih mengandung ekstrak jus di ampasnya.


Photo source: http://flickr.com

Sementara ampas hasil cold-pressed juice akan kering karena mesin juicer sukses mengekstrak seluruh bagian dari buah maupun sayur. Juicer ini juga bisa digunakan untuk membuat susu dari kacang-kacangan, lho.

4. Kenampakan yang Cantik
Cold-pressed juice memiliki buih yang lebih sedikit di bagian atas jus. Jus ini biasanya dikemas dalam botol yang disegel dan sebaiknya hanya dikonsumsi saat Anda siap menghabiskannya supaya bisa mendapat kebaikan nutrisi yang optimal. Kalau warna cold-pressed juice Anda yang awalnya cerah kemudian berubah menjadi gelap, bisa jadi jus Anda sudah teroksidasi dan terjadi penurunan nilai gizi, nih. Segera diminum saja sebelum kehilangan vitamin lebih banyak lagi.