< Tips

4 Sifat yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

4 Sifat yang Wajib Dimiliki Seorang Pemimpin

Tips

Menjadi seorang pemimpin tentu akan menghadapi berbagai macam tantangan. Salah satunya adalah menjadi seorang pemimpin yang disukai para anggota timnya.

Menurut hasil riset dari Pew Research Center mengenai sifat seorang pemimpin yang paling dilihat, responden mengatakan terdapat 4 sifat yang dipertimbangkan sebagai sifat yang wajib dimiliki oleh seorang pemimpin. Mau tahu apa saja? Check it out!

1. Tegas
Saat-saat di mana seorang pemimpin diuji adalah saat ada ketidakpastian dan orang-orang membutuhkan kejelasan. Momen seperti ini tentu membutuhkan seorang pemimpin dengan sifat yang tegas.

Seorang pemimpin tidak perlu memiliki segala jawaban, namun kemampuan untuk mengambil keputusan secara tepat dan tegas sangat dibutuhkan.

Seorang pemimpin juga diharuskan dapat melihat perubahan lingkungan sekitarnya, sehingga bisa dengan cepat beradaptasi dan memimpin serta berkomunikasi dengan jelas pada para anggota tim.

Photo source: http://www.pixabay.com

2. Terpercaya
Para pemimpin harus memiliki reputasi yang kredibel agar mendapatkan kepercayaan dari timnya dengan tingkah lakunya setiap hari.

Dengan cara menunjukkan kepercayaan diri, standar yang tinggi, energi positif, serta berkomitmen setiap harinya, seorang pemimpin akan menjadi bisa dipercaya. Berikan contoh yang baik untuk anggota tim, dan aplikasikan apa yang dibicarakan pada tim. Less talk, more action!

3. Simpatik
Seorang pemimpin harus memiliki perasaan simpatik. Hal ini dibutuhkan agar seorang pemimpin dapat memperlakukan timnya sesuai dengan bagaimana ia ingin diperlakukan orang lain.
Daripada hanya mengirimkan perintah melalui e-mail, ada baiknya jika seorang pemimpin mengatakannya secara langsung.

Jadilah pemimpin yang responsif dan tunjukkan bahwa seorang pemimpin juga memiliki pribadi yang care terhadap orang lain.

Photo source: http://www.flickr.com

4. Inovatif
Memiliki pemikiran yang inovatif akan memberikan inspirasi pada para anggota tim. Seorang pemimpin tidak boleh cepat putus asa, belajarlah dari kesalahan dan ambil kesempatan yang ada untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Buatlah lingkungan yang nyaman untuk para anggota tim agar mereka juga tidak segan untuk menyampaikan idenya kepada seluruh anggota tim dan juga Anda. Good luck!