< Tips

4 Tahapan Latihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Sedang Puasa

4 Tahapan Latihan Olahraga yang Bisa Dilakukan Saat Sedang Puasa

Tips

Bulan puasa jangan dijadikan halangan untuk tetap berolahraga. Bila Anda dapat memilih waktu dan jenis olahraga yang tepat, maka tak akan mengganggu ibadah puasa Anda.

Olahraga di bulan puasa bisa dilakukan secara bertahap. Ada empat tahapan latihan di tiap minggunya yang sangat sederhana dan bisa dilakukan di mana saja, tidak harus pergi ke fitness center. Apa sajakah itu? Yuk, simak penjelasannya di bawah ini!

1. Ketahanan Stabilitas
Minggu pertama adalah latihan ketahanan stabilitas. Latihan ini dapat memperbaiki postur tubuh dan membuat Anda terbiasa memiliki kontrol gerak yang lebih baik saat melakukan aktivitas sehari-hari.

2. Adaptasi Otot
Di minggu kedua, Anda bisa melakukan latihan adaptasi otot yang berguna untuk membangun ketahanan otot agar dapat tetap aktif melakukan latihan fisik.

3. Body Tension
Di pekan ketiga, Anda bisa total melakukan body tension untuk menjaga dan meningkatkan koordinasi tubuh melalui gerakan tubuh ke segala arah. Latihan ini bisa berupa handstand.

4. Aktivasi Otot Inti
Di minggu terakhir adalah latihan aktivasi otot inti. Intensitas latihan pada minggu ini akan berkurang dan difokuskan untuk menguatkan otot inti.

Jika Anda ingin menggunakan tambahan beban di tangan, Anda bisa memanfaatkan botol dan mengisinya dengan air atau pasir. Atau jika Anda ingin menggunakan matras, cukup dilakukan di karpet saja.

Secara keseluruhan empat tahapan latihan tersebut memiliki intensitas ringan hingga sedang, sehingga cocok dilakukan meski Anda sedang berpuasa. Selamat mencoba!