< Recreation

4 Tempat di Jakarta yang Pas untuk Bersepeda dengan Nyaman

4 Tempat di Jakarta yang Pas untuk Bersepeda dengan Nyaman

Recreation

Bersepeda merupakan salah satu olahraga alternatif yang sering dilakukan masyarakat perkotaan. Jika Anda termasuk salah satu penyuka olahraga ini, dan ingin mengisi libur akhir pekan dengan bersepeda di ibu kota, berikut tempat-tempat yang harus Anda coba untuk bisa bersepeda dengan nyaman.

1. Ecopark – Ancol
Ruang terbuka hijau ini akan membuat Anda ketagihan bersepeda di sini. Bagaimana tidak, udara yang sejuk, ditambah pemandangan yang memanjakan mata membuat aktivitas bersepeda terasa semakin menyenangkan. Selain suasana yang asri, track yang disediakan juga sangat mudah, sehingga aman jika ingin mengajak Anak ikut bersepeda di sini. 

Tidak punya sepeda? Jangan khawatir! Di Ecopark juga terdapat tempat penyewaan sepeda. Cukup dengan merogoh kocek Rp 10.000,- hingga Rp 20.000,- Anda dapat menyewa sepeda selama satu jam.

Alamat: Taman Impian Jaya Ancol, Jl. Lodan Timur No. 7, Ancol, Jakarta Utara, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13820
Jam Operasional: Senin – Minggu: 06.00 – 18.00 WIB

2. Jalur BKT (Banjir Kanal Timur)

Photo Source: http://www.antaranews.com/

Anda yang sering melewati kawasan Duren Sawit dan sekitarnya pasti akrab dengan jalur yang satu ini. Jalur yang melintas lurus dari Cipinang hingga Pondok Kopi ini juga cocok untuk bersepeda, karena memiliki jalur khusus sepeda yang aman dari kendaraan bermotor.

Lelah bersepeda, Anda bisa beristirahat di warung-warung yang berdiri di sepanjang jalur BKT. Beberapa diantaranya ada juga yang menyediakan tikar untuk Anda yang ingin duduk santai sambil meluruskan kaki.

3. Pantai Indah Kapuk (PIK)
Kawasan yang kian ramai dibicarakan ini tak hanya menjadi ‘surga’ kuliner yang inovatif, tapi juga menjadi tempat yang nyaman untuk bersepeda.

Di sini, Anda bisa meng-gowes sepeda melewati Vihara Dharma Suci yang megah, hingga masuk ke dalam wisata hutan mangrove dengan pemandangan yang mengagumkan.

Photo Source: http://backpackerjakarta.com/

4. Car Free Day (Jalan Sudirman-Thamrin, Jakarta)
Inilah waktu yang paling populer bagi warga Jakarta untuk bersepeda. Jalan Sudirman-Thamrin yang biasanya dipadati kendaraan bermotor, berubah menjadi jalan yang ramah untuk pejalan kaki dan pesepeda.

Diadakan setiap hari Minggu pagi mulai pukul 06.00 - 11.00 WIB, Car Free Day (CFD) memberikan sensasi bersepeda yang cukup unik, karena jalur yang digunakan adalah jalur protokol ibu kota yang selalu sibuk saat hari-hari kerja dengan pemandangan gedung-gedung pencakar langit di kanan dan kirinya. Wajib, nih, untuk Anda coba!

Photo Source: http://istania.net/