< Marketing

4 Tipe Pelaku Marketing, yang Manakah Anda?

4 Tipe Pelaku Marketing, yang Manakah Anda?

Marketing

Teknik marketing pastinya dilakukan oleh setiap perusahaan atau brand untuk terus mempromosikan produk atau jasa yang dimilikinya. Nah, tiap-tiap pelaku marketing tersebut pastinya memiliki gaya masing-masing untuk berpromosi.

Menurut http://medium.com, setidaknya ada 4 tipe pelaku marketing yang dinilai berdasarkan skill dan sifatnya. Mau tahu apa saja? Keep reading this article!

1. The Storyteller
Tipe pelaku marketing yang pertama ini adalah basic guru di bidang marketing. Para storyteller bisa membuat marketing menjadi sesuatu yang fleksibel. Mulai dari yang rumit, sederhana, menarik, hingga mendalam semuanya bisa dilakukan.

Tipe pelaku ini biasanya disukai oleh banyak perusahaan karena idenya yang banyak. Skill yang dimiliki oleh para storyteller juga irasional, dengan kata lain sangat ahli dan akan dibutuhkan oleh para perusahaan start-up.

Well, jika Anda salah satu pemilik perusahaan start-up, pastikan Anda mendapatkan si storyteller!

2. The Growth Hacker
Tipe pelaku marketing yang satu ini spesialisasinya dalam dunia digital. The growth hacker sebisa mungkin menghindari kontak langsung dengan orang lain karena tipe pelaku marketing ini biasanya memiliki ‘senjata’ berupa digital point tools. Para pelaku marketing tipe ini tentunya memahami berbagai macam teknologi marketing.

Photo source: http://pixabay.com

3. The Specialist
Nah, jika Anda merasa memiliki keahlian di bidang public relation, direct marketing, media, event, atau promosi, berarti Anda masuk ke dalam tipe the specialist.

Biasanya tipe pelaku marketing ini menghindari bisnis start-up dan ingin langsung bergabung ke specialized agency atau bekerja sebagai freelancer agar bisa lebih mengeksplor berbagai macam industri.

4. The Expert
Berbeda dengan the specialist, tipe the expert lebih fokus ke satu bidang pekerjaan. Seperti misalnya perusahaan FMCG, kesehatan, ritel, dan lainnya.

Para the expert biasanya memiliki pengetahuan yang luas mengenai satu bidang yang ia kuasai tersebut. So, which one are you?