< Tips

4 Tips Mengatur Keuangan Saat Bulan Ramadhan

4 Tips Mengatur Keuangan Saat Bulan Ramadhan

Tips

Bulan Ramadhan adalah bulan penuh berkah di mana umat Islam di seluruh dunia diwajibkan menunaikan ibadah puasa dan beribadah dengan maksimal. Namun, seolah menjadi tradisi di Indonesia, banyak kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga di bulan suci ini. Hal ini membuat kita harus memutar otak, bagaimana caranya agar tidak keteteran dalam mengatur keuangan. Tak perlu bersusah payah memikirkannya, di bawah ini Anda bisa mengetahui apa saja trik agar dapat mengatur keuangan dengan baik saat Bulan Ramadhan. Check it out!

1. Lebihkan Anggaran untuk Belanja dan Kegiatan Lainnya
Bila pada bulan-bulan biasanya Anda menganggarkan uang dengan jumlah tertentu, baik untuk belanja atau hal-hal lainnya, maka lebihkan anggaran tersebut saat bulan Ramadhan. Biasanya, momen Ramadhan sering digunakan untuk mengadakan acara buka puasa bersama orang-orang terdekat.

2. Belanja Lebih Awal
Sebelum Ramadhan datang, cobalah untuk mencicil persediaan, seperti sembako hingga bahan makanan lainnya yang awet meski disimpan berhari-hari. Biasanya pasar swalayan memberi potongan harga dalam rangka menyambut datangnya Ramadhan.

3. Siapkan Anggaran Khusus untuk Sedekah dan Zakat
Bulan Ramadhan juga menjadi momen untuk berbagi kepada sesama. Tentunya Anda ingin dapat melakukan kebaikan ini. Maka siapkanlah anggaran khusus, baik untuk sedekah maupun zakat!

4. Beli Tiket Mudik Jauh-Jauh Hari
Bagi Anda yang selalu melaksanakan tradisi mudik tiap menjelang lebaran, usahakan membeli tiket mudik dari jauh-jauh hari. Selain harganya lebih murah, Anda juga tidak perlu cemas akan kehabisan tiket. Biasanya tiket kereta untuk mudik mulai dijual sejak tiga bulan sebelum lebaran tiba.

Semoga tips di atas bermanfaat untuk Anda!