< Tips

4 Tips Menjaga Kesegaran Mulut Saat Berpuasa

4 Tips Menjaga Kesegaran Mulut Saat Berpuasa

Tips

Selain harus menahan lapar dan haus, saat berpuasa Anda juga akan dihadapkan dengan masalah bau mulut. Masalah ini pasti membuat siapa saja menjadi tidak percaya diri untuk berbicara dengan seseorang. Tapi jangan khawatir! Ada beberapa tips ampuh yang dapat membantu Anda terhindar dari bau mulut dan tetap menjaga kesegaran mulut saat puasa. Simak tips-nya di bawah ini!

1. Minum Air Putih yang Banyak
Meminum air putih 8-10 gelas ketika sahur dan berbuka, dapat mencegah bau mulut. Air putih dapat meningkatkan produksi saliva atau air liur, sehingga mulut tetap terjaga kebersihannya.

2. Tidur dengan Mulut Tertutup
Air liur mengandung oksigen tinggi yang dapat membunuh bakteri dan memecahkan partikel makanan dari kotoran serta menyingkirkannya dari mulut saat Anda sedang menelan. Namun, produksi air liur menurun saat Anda tidur. Apabila Anda bernapas melalui mulut saat tidur, maka Anda akan membuat mulut kering yang menyebabkan bakteri berkembang. Jadi, cobalah untuk tidur dengan mulut tertutup sehingga mengurangi tingkat asam di pagi hari.

3. Gunakan Obat Kumur Non Alkohol
Dehidrasi membuat aroma mulut memburuk, maka obat kumur adalah solusi untuk Anda. Basahi mulut dengan air dan gunakan obat kumur non alkohol di malam hari. Sebab, alkohol malah akan membuat mulut kering dan mulut pun menjadi bau keesokan harinya.

4. Gosok Lidah
Jangan hanya menggosok gigi, biasakan juga untuk menggosok lidah. Lidah memiliki banyak permukaan di mana partikel makanan yang membusuk dapat bersarang. Gosoklah lidah Anda agar menjaganya tetap bersih dan terhindar dari bau mulut. Selamat mencoba!