< Marketing

4 Trik Membuat Judul Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

4 Trik Membuat Judul Marketing untuk Meningkatkan Penjualan

Marketing

Seni copywriting tentunya dibutuhkan sebagai salah satu teknik marketing. Sebab ketertarikan konsumen untuk membeli pastinya tak lepas dari pengaruh iklan yang ‘ngena’, kan? Baca trik berikut untuk membuat judul iklan yang menarik!

1. Tonjolkan Manfaat
Yang harus Anda ingat, konsumen tidak hanya sekedar membeli produk tetapi membeli manfaat. Karena itu tonjolkan manfaat produk yang Anda jual dalam judul Anda.

Manfaat ini pun harus dituliskan secara jelas, misalnya “Ingin Punya Tas Antijamur yang Tahan Hingga 5 Tahun?”. Karena tentu efeknya akan beda kalau Anda hanya menuliskan “Ingin Punya Tas yang Tahan Lama?”

Dan lagi, contoh judul pertama menawarkan 2 manfaat sekaligus dari produk yang dijual, yakni tas yang berbahan antijamur dan juga tahan hingga 5 tahun.

Hal ini tentu akan membuat konsumen semakin mempertimbangkan untuk membeli produk Anda, kan?

2. Pertanyakan Kualitas
Orang akan cenderung tertarik saat judul Anda mempertanyakan kualitas dari produk yang sedang mereka gunakan.

Misalnya, “Apakah Anda Yakin Cemilan Anda Bebas dari Bahan Tambahan Berbahaya?”. Judul seperti ini akan membuat orang berpikir hingga kemudian tertarik untuk meng-klik iklan Anda.

Jenis judul seperti ini juga bisa diperkuat dengan mencantumkan pengaruh untuk orang terdekat calon konsumen. Seperti: “Apakah Anda Yakin Cemilan Keluarga Anda Bebas dari Bahan Tambahan Berbahaya?”. Dari situ pun, konsumen akan memikirkan efek yang lebih luas untuk kebutuhan keluarganya juga.

Photo source: http://pixabay.com

3. Tentukan Kata Kunci Utama
Tentu Anda ingin produk atau jasa Anda masuk dalam hasil pencarian halaman pertama di search engine. Karena itu Anda perlu menggunakan kata kunci yang spesifik dalam judul iklan Anda, mengingat konsumen akan mengetikkan langsung apa yang mereka perlukan di kolom pencarian.

Cara ini sekarang populer sebagai Search Engine Marketing. Misal Anda memiliki jasa travel untuk layanan tur ke Singapura dan Malaysia sekaligus, konsumen yang membutuhkan tentunya akan langsung mencari kata kunci ‘Tur Singapura Malaysia’ di kolom pencarian.

Jika Anda lebih menonjolkan judul ‘Tur Hemat ke Luar Negeri’, tentu akan kurang spesifik, bukan? Anda pun bisa mencari tahu tentang daftar kata kunci yang sering dicari orang melalui Google Adwords.

4. Buat Deadline yang Mengikat
Anda juga bisa membuat deadline sehingga calon konsumen merasa harus membeli produk Anda sebelum waktu yang ditentukan.

Misalnya menetapkan tanggal ditutupnya pre-order yang membutuhkan DP terlebih dahulu. Hal ini tentu akan mengikat konsumen Anda dan akan membuat mereka sayang jika tak jadi membeli produk Anda. Good luck!