< Recreation

4 Wisata Murah di Bogor untuk Anda yang Ingin Liburan Berkualitas

4 Wisata Murah di Bogor untuk Anda yang Ingin Liburan Berkualitas

Recreation

Tidak harus pergi jauh-jauh dan mengeluarkan banyak uang untuk bisa mendapatkan liburan yang berkualitas. Tak jauh dari Jakarta, kota Bogor menyimpan banyak tujuan wisata yang bisa diakses dengan mudah dan lebih hemat biaya. Apa sajakah wisata murah yang ditawarkan kota hujan tersebut? Yuk, cari tahu di sini!

1. Agrowisata Gunung Mas
Berada di sini, mata Anda akan dimanjakan dengan hamparan perkebunan the dan bukit-bukit yang mengelilinginya. Berjalan menyusuri perkebunan sambil menikmati udara segar akan membuat tubuh terasa rileks.

Jika ingin merasakan pengalaman liburan yang berbeda, cobalah mengelilingi perkebunan dengan menunggangi kuda. Jika takut dan belum pernah berkuda sebelumnya, ada pendamping yang siap menjaga dan menemani perjalanan Anda hingga selesai. Tak hanya orang dewasa, anak-anak pun dapat melakukannya, dan dijamin keamanannya karena kuda-kuda di sini sudah jinak dan terlatih. Selain itu, medan yang dilewati juga tidak berbahaya. Rute-rute yang bisa dipilih antara lain berjarak 4 km, 6 km, dan 8 km.

Selain menyusuri perkebunan teh, Anda pun dapat mengunjungi pabrik teh Gunung Mas dengan didampingi pemandu. Di sini Anda dapat melihat secara langsung proses pengolahan tanaman teh dari bentuk daun segar yang baru dipetik hingga menjadi daun teh kering yang siap dikonsumsi.

Jika suasana di sini membuat Anda tidak ingin cepat-cepat pulang, cobalah menginap di beberapa penginapan yang telah disediakan. Atau jika Anda menyukai hal-hal yang berbau outdoor, Anda bisa camping di lahan yang sudah disediakan. Harga tiket masuk Agrowisata Gunung Mas juga cukup murah, yakni Rp 15.500,- per orang.

Alamat: Jl. Raya Puncak, KM. 87, Cisarua, Tugu Sel., Bogor, Jawa Barat 16750
No. Telp: (0251) 8250356

2. Curug Ciampea

Photo Source: http://kesiniaja.com/

Selain dikenal sebagai kota hujan, Bogor juga dijuluki kota seribu curug atau air terjun. Meski kenyataannya tak sampai seribu, namun jumlah curug di kota ini memang banyak. Bahkan di satu kawasan saja bisa menyimpan lebih dari satu curug.

Dari sekian banyaknya curug di Bogor, ada beberapa yang masih alami, dan belum banyak pengunjung. Salah satunya adalah Curug Ciampea. Wisata air terjun ini mulai diketahui keberadaannya setelah beberapa pengunjung yang pernah datang mem-posting foto curug ini di Instagram. Letaknya masih satu jalur dengan Curug Putri yang sudah terkenal lebih dulu.

Curug Ciampea sangat istimewa karena kealamiannya. Airnya yang jernih dan arusnya yang tenang, membuat curug ini aman untuk berenang. Begitu jernihnya, hingga permukaan kolam curug terlihat jelas. Jika Anda suka berfoto di bawah air, tempat ini sangat tepat untuk Anda.

Karena belum dikelola secara resmi, Anda tidak akan dikenai biaya apapun untuk bisa masuk ke Curug Ciampea. Konsekuensinya, tidak ada fasilitas apapun di tempat ini. Meski begitu, tempat ini sangat layak dikunjungi.

Alamat: Tapos I, Tenjolaya, Bogor, West Java 16370

3. Suaka Elang
Burung elang merupakan salah satu hewan predator yang keberadaannya semakin langka. Satwa ini hanya bisa dilihat di tempat-tempat tertentu, salah satunya di Suaka Elang. Di suaka inilah Anda bisa mendapatkan informasi dan melihat langsung aneka jenis elang.

Photo Source: Check In Jakarta doc

Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda harus berjalan kaki sekitar 20 menit dari tempat parkir. Meski melelahkan, namun pemandangan yang serba hijau dan udara yang sejuk membuat Anda tetap menikmati perjalanannya.

Sebelum memasuki lokasi suaka, Anda akan melewati jembatan gantung. Jembatan inilah yang membuat Suaka Elang mulai dikenal masyarakat luas, karena memang tempat ini menjadi spot favorit pengunjung untuk berfoto-foto. Setelah melalui jembatan gantung, tibalah Anda di tempat penangkaran elang. Sejumlah sangkar besar berisi elang yang dirawat dan dilindungi akan Anda jumpai di sini.

Puas melihat berbagai jenis burung elang, Anda bisa melanjutkan perjalanan menuju Curug Cibadak. Letaknya yang lebih tinggi, mengharuskan Anda untuk berjalan kaki menanjak selama sekitar 45 menit dari Suaka Elang. Tenang saja, jika kelelahan, Anda bisa mendirikan tenda di camping ground yang sudah disediakan.

Tiket masuk Suaka Elang cukup murah, yakni Rp 10.000,- per orang. Usahakan untuk membawa perbekalan seperti makanan ringan dan minuman, karena tidak ada satupun orang yang berjualan di tempat ini. Pengelola sengaja tak mengizinkan orang berjualan di kawasan suaka demi menjaga kealamiannya.

Alamat: Taman Nasional Gunung Halimun Salak, Kampung Loji, Cigombong, Bogor

4. Gunung Batu
Bagi Anda yang hobi melakukan kegiatan ekstrim, Gunung Batu bisa jadi pilihan yang pas. Gunung yang terletak di kawasan Jonggol ini sebenarnya lebih tepat disebut bukit atau tebing batu karena ukurannya kecil, dan ketinggiannya hanya 875 mdpl. Bahkan, jalur pendakiannya hanya sepanjang 200 meter.

Photo Source: http://www.wisataterindah.net

Namun, dibalik ‘mungilnya’ Gunung Batu, tersimpan trek yang sangat terjal. Semakin tinggi, maka kondisi trek semakin curam. Untuk membantu mendaki, pengelola tempat ini telah memasangkan tali sebagai pegangan untuk para pendaki di sepanjang jalur yang curam. Begitu sampai di puncaknya, Anda akan terkagum-kagum melihat pemandangan yang disuguhkan. Seolah semua kesulitan Anda menuju puncak benar-benar terbayar. Namun, tetap ingat untuk berhati-hati meski sudah tiba di puncak.

Untuk bisa masuk ke Gunung Batu Anda akan dikenai biaya Rp 15.000,-, dan tambahan Rp 5.000,- jika Anda juga ingin mendakinya. Apakah Anda tertarik?

Alamat: Jonggol, Bogor