< Cafe & Resto

5 Alasan Kenapa Harus Coba Makan di Warung Kebunku

5 Alasan Kenapa Harus Coba Makan di Warung Kebunku

Cafe & Resto Senin

(021) 7222534

Tren makanan sehat atau healthy food sekarang ini makin digemari, terutama di kota besar seperti Jakarta. Kesadaran akan pola hidup sehat dapat dimulai dengan mengonsumsi makanan dan minuman yang juga harus sehat.

Di Jakarta, mencari tempat makan yang sajikan menu serba sehat tidaklah sulit. Salah satunya yang patut Anda kunjungi adalah Warung Kebunku. Berikut hal yang harus Anda tahu mengenai kafe sehat ini.

1. Serba Organik
Warung Kebunku penuh dengan buah dan sayuran organik. Salah satu menu andalannya adalah gado-gado organik. Ada juga ketoprak, karedok, hingga nasi goreng organik.

Sekilas penampilan gado-gado organik ini tidak ada bedanya dengan gado-gado pada umumnya. Ada lontong dan berbagai jenis sayuran, seperti labu siam, bayam, kol, pare, kentang rebus, mentimun, jagung manis, hingga selada. Tentu saja dengan siraman bumbu kacang. Agar semakin nikmat, ada juga tambahan telur rebus. Konsisten menyajikan menu sehat, emping Garut yang digunakan sebagai perenyah gado-gado pun digoreng menggunakan minyak kelapa tanpa garam.

Cita rasa gado-gado organik ini berbeda. Sayuran-sayuran organik terasa lebih gurih dan lebih segar meski sudah direbus. Bumbu kacangnya juga dijamin sehat, karena menggunakan kacang tanah sangrai dan gula kelapa murni tanpa tambahan gula pasir atau pengawet. Anda tidak akan menemukan rasa gurih yang berlebihan di lidah. Agar lebih kenyang, Anda bisa menyantapnya dengan lontong yang terbuat dari beras organik.

2. Semua Sayuran dan Buah-buahan Berasal dari Kebun Sendiri
Kafe sehat yang berada di kawasan Cilandak, Jakarta Selatan ini didirikan oleh sepasang suami-istri pada tahun 2012 lalu. Nama, Warung Kebunku dipakai karena kafe ini menyajikan menu-menu olahan sayuran yang merupakan hasil dari kebun Sang Ibunda di Gadog, Jawa Barat, yang ditanam dengan sistem organik, tanpa menggunakan pupuk kimia dan pestisida. Air yang digunakan untuk menyiraminya pun merupakan air pegunungan yang masih bersih.

Photo Source: https://www.instagram.com/warungkebunku

3. Menu yang Ditawarkan Ide dari Ibu Pemilik Kafe
Menu Warung Kebunku juga diperoleh sang pemilik dari Ibunya. Menu diciptakan agar sayuran organik dikenal masyarakat. Akhirnya muncul ide untuk menyajikan sayuran-sayuran organik dalam menu gado-gado. Setelah disulap menjadi gado-gado, banyak orang yang tertarik ingin mencoba sayuran organik hasil kebun di Gadog.

4. Menu Asinan yang Tak Kalah Sehat
Warung Kebunku juga menyajikan asinan buah-buahan, seperti asinan nanas, salak, kedondong, dan bengkuang. Yang membedakan asinan di sini dengan asinan buah pada umumnya adalah penggunaan cuka pisang. Rasa cuka pisang tidak banyak berbeda dengan cuka yang biasa digunakan untuk membuat asinan. Rasa asamnya terasa lebih ringan. Ada juga menu rujak buah dengan bumbu dari kacang organik sangrai dan gula kelapa sebagai pilihan yang juga wajib dicoba.

Menu-menu serba organik ini juga dikombinasikan dengan daging ayam probiotik, kikil, dan daging sapi. Seperti sate lilit ikan, mi kikil abang dengan pewarna merah yang berasal dari buah bit atau bakso bintik yang terbuat dari daging dan jamur. Bahan baku berupa ayam, ada ayam kampung dan ayam probiotik, kikil dan daging sapi untuk bahan bakso, diambil dari pemasok lokal dalam kondisi segar. Termasuk telur ayam yang melengkapi gado-gado. Meski tidak menggunakan penyedap, seperti garam, mi kikil abang dan bakso bintik tetap terasa lezat. Ini karena penggunaan kaldu jamur, yang menghasilkan cita rasa gurih dalam kadar ringan.

5. Kafe Mengusung Konsep Rumah Sehat
Karena menempati lahan yang cukup luas, pemilik Warung Kebunku kemudian juga mengadopsi konsep rumah sehat yang dikelola Ibu mereka di Jalan Langsat, Jakarta Selatan.

Jadi di sini, pelanggan bisa memesan buah dan sayuran organik. Mereka juga bisa datang langsung atau dikirim ke rumah. Setiap Senin dan Kamis, para karyawan di kafe ini akan disibukkan dengan pengunjung yang ingin membeli buah dan sayur-sayuran organik. Biasanya juga Warung Kebunku menginformasikan sayur dan buah apa saja yang sedang panen agar pesanan bisa disesuaikan.

Address

Jl. Langsat III No. 22, Kramat Pela, Kby. Baru, Jakarta Selatan 12130


Phone

(021) 7222534


Operational Hours

Senin


SEE MAP