< Technology

5 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Smartphone Android

5 Aplikasi Edit Video Terbaik untuk Smartphone Android

Technology

Saking banyaknya aplikasi edit video yang ada di Google Playstore, Anda mungkin mengalami kesulitan untuk menemukan aplikasi gratis apa yang berkualitas dan mudah digunakan. Untuk menjawan kesulitan Anda, berikut aplikasi edit video Android terbaik yang menawarkan fitur lengkap dan sederhana sehingga mudah dipahami dan digunakan.

1. Adobe Premiere Clip

photo source: play.google.com

Aplikasi ini menduduki peringkat pertama sebagai aplikasi edit video terbaik di perangkat Android. Dirancang dengan sangat apik sebagai alat edit ringan sesuai dengan kemampuan pemrosesan pada setiap ponsel pintar, Adobe Premiere Clip memiliki cukup banyak fitur. Mulai dari drag and drop untuk menyusun urutan video, memotong durasi video, pencahayaan, transisi, efek, sync to music untuk soundtrack (lagu latar) hingga alat pembuat video otomatis bagi pengguna yang malas mengedit secara manual. Aplikasi ini tersedia gratis di Google Playstore.

2. VivaVideo

photo source: play.google.com

Ditawarkan oleh QuVideo Inc. aplikasi edit video Android ini dibekali dengan fitur tak kalah lengkap. Bahkan, efek yang ditawarkan lebih banyak. Dengan VivaVideo, Anda tidak hanya dapat menggabungkan banyak potongan video saja, namun juga menambahkan efek transisi di setiap potongan videonya, tentu membuat hasil edit menjadi lebih menarik. Anda juga bisa membuat video slideshow dari banyak kumpulan foto dengan 60+ video efek dan template video kekinian. VivaVideo tersedia dalam versi gratis maupun berbayar di Google Playstore.

3. Magisto

photo source: play.google.com

Salah satu keunggulan Magisto sebagai aplikasi edit video adalah memudahkan pengguna untuk menggabungkan beberapa video sekaligus dengan cara memilih (filter) gambar terbaik. Setiap gambar terbaik yang diambil dari beberapa video akan digabungkan secara otomatis ke dalam film (video) baru. Anda dapat menyertakan lagu dalam film tersebut sesuai dengan tema yang Anda inginkan. Dibanding aplikasi lain, Magisto terbilang cukup user friendly, bahkan pengguna amatir sekalipun dapat dengan mudah mengedit video.

4. KineMaster

photo source: play.google.com

Edit video layaknya profesional dapat Anda lakukan dengan KineMaster. Aplikasi gratis yang dapat Anda unduh melalui Google Playstore dengan interface sederhana namun tetap menarik ini mendukung banyak pemotongan yang presisi, audio multi track sebagai latar belakang, filter warna, dan masih banyak lagi.

5. PowerDirector

photo source: play.google.com

Bagi Anda yang gemar mengedit video pasti sudah tidak asing lagi dengan aplikasi satu ini. PowerDirector yang tersedia di Google Playstore dalam versi gratis maupun berbayar, membantu Anda melakukan editing dengan sangat mudah. Edit Tools yang disematkan padanya dapat Anda gunakan untuk memotong (cropping) video, mengatur kecepatan (speed), kecerahan (color adjustment), memutar dan mengatur volume. Menu lain yang dapat Anda aplikasikan untuk memberi jeda pada video atau menambahkan musik adalah Split. Untuk memaksimalkan hasil edit video, Anda dapat menambahkan tulisan, foto atau stiker menggunakan menu Title Designer.