< Technology

5 Aplikasi ini Bantu Anda Melacak Android yang Hilang

5 Aplikasi ini Bantu Anda Melacak Android yang Hilang

Technology

Saat ini smartphone atau ponsel pintar tidak bisa dipisahkan dalam kehidupan masyarakat. Bahkan banyak yang merasa tak lengkap jika tidak membawa smartphone ke manapun mereka pergi.

Lalu bagaimana jika tiba-tiba ponsel Anda hilang atau lupa di mana meletakkannya? Pasti Anda akan langsung panik, terlebih jika ada data-data penting yang tersimpan di dalamnya. Tapi Anda masih bisa bernapas lega, karena ada lima aplikasi yang dapat membantu melacak smartphone yang hilang, khusus untuk platform Android.

1. Cerberus
Aplikasi ini bisa dibilang menjadi yang paling favorit, karena banyak diinstal para pengguna Android. Cerberus menyediakan berbagai pilihan yang menjanjikan dalam hal melacak Android yang hilang, seperti melacak HP melalui GPS (Global Positioning System), menyalakan alarm, menghapus data, hingga mengunci perangkat Android untuk mencegah data pribadi Anda diambil orang yang tidak bertanggungjawab.

2. Android Lost
Aplikasi yang satu ini juga wajib nih diinstal sebagai upaya antisipasi hal buruk terjadi pada smartphone Anda. Android Lost menawarkan beberapa keunggulan untuk urusan kehilangan smartphone, seperti menyalakan alarm, internet dan menghapus memori internal. Bahkan aplikasi ini bisa memberi tahu Anda melalui e-mail apabila ada penggantian SIM dan Anda juga akan diberi tahu detailnya.

3. SeekDroid
Aplikasi berikutnya yang tidak kalah aman adalah SeekDroid. Tak jauh berbeda dengan Android Lost, aplikasi ini juga mampu menyalakan alarm, melacak ponsel menggunakan GPS, serta mengamankan data yang tersimpan di memori smartphone Anda. Jika Anda membeli versi Pro-nya, Anda akan mendapatkan fitur yang lebih canggih yang dapat memberikan jejak pergerakan ponsel Anda setelah hilang dicuri. Wow!

4. Norton Mobile Security Lite.
Aplikasi Android satu ini dapat membantu menyalakan alarm dengan sangat keras dan melacak keberadaan HP Anda yang hilang. Dengan aplikasi ini juga, Anda bisa mengunci otomatis smartphone Anda sehingga tidak dapat digunakan oleh pencuri.

5. Android Device Manager
Aplikasi ini juga tak kalah populer dengan Ceberus dalam fungsinya mencari ponsel yang hilang. Bisa dibilang Android Device Manager juga termasuk aplikasi yang mudah untuk digunakan. Jika sudah log in, akan muncul menu dashboard yang menunjukkan di mana ponsel Anda berada dengan beberapa opsi. Pertama ada opsi lokasi yang menunjukkan lokasi di mana ponsel Android Anda diletakkan.

Kedua, opsi Play Sound yang memungkinkan ponsel Android yang hilang akan bergetar dan berdering selama lima menit dalam volume maksimum. Fitur ini tetap berfungsi sekalipun dalam modus diam atau silent.

Ketiga, opsi Lock yang berfungsi untuk mengunci perangkat Android secara otomatis. Terakhir adalah opsi Erase yang memungkinkan Anda untuk menghapus semua data secara manual dari Android Device Manager.