< Technology

5 Aplikasi Navigasi Offline Wajib Anda Install

5 Aplikasi Navigasi Offline Wajib Anda Install

Technology

Selain aplikasi pesan singkat, ternyata aplikasi GPS menjadi salah satu aplikasi yang sangat penting untuk dimiliki setiap ponsel pintar. Aplikasi ini tentu mempermudah Anda untuk menuju tempat tertentu. Namun, kebanyakan aplikasi GPS saat ini hanya bisa diakses saat Anda terhubung dengan internet saja. Kali ini, Check in Jakarta akan merekomendasikan beberapa aplikasi navigasi yang tersedia di App Store dan Google Play Store dan dapat diunduh secara cuma-cuma. 

1. Sygic

photo source: help.sygic.com

Mengedepankan fitur navigasi offline, Sygic menjadi sahabat bagi Anda yang gemar menyusuri pelosok daerah. Tanpa menggunakan koneksi internet, Anda dapat mengetahui Points of Interest (POI), seperti restoran, hotel, kantor polisi, rumah sakit, tempat sewa kendaraan, SPBU, hiburan malam, hingga tempat wisata. Menariknya, selama berkendara atau jalan kaki, kecepatan, jarak menuju tempat yang Anda tuju dan perkiraan waktu kedatangan juga ditampilkan oleh aplikasi ini.

2. Here Maps

photo source: iMore.com

Masuk ke dalam salah satu aplikasi dengan pemataan data yang cukup akurat, Here Maps disebut mampu menunjukkan arah bagi pengemudi maupun pejalan kaki. Bahkan, aplikasi yang saat ini disematkan pada produk Audi, BMW dan Daimler juga memberikan informasi lokasi, seperti SPBU, ATM, restoran di lokasi sekitar pengguna. Fitur peta offline pada Here Maps memudahkan pengguna untuk mengakses peta sebuah negara tanpa harus terhubung dengan internet. 

3. Glympse

photo source: glympse.com

Diciptakan untuk berbagi informasi keberadaan Anda dengan pengguna lain. Selain mempermudah berbagi lokasi, beberapa fitur tambahan yang dibutuhkan oleh pengguna juga dapat Anda temukan pada aplikasi ini. Mulai dari peta lokasi dengan tampilan sangat detail, Share untuk berbagi lokasi melalui jejaring sosial dan SMS, Reply Glympse untuk mengirim dan membalas pesan dari pengguna lain hingga Clipboard, fitur untuk mengopi tautan ke clipboard yang dapat disimpan dan dibuka lain waktu.

4. Maps.Me

photo source: iTunes.com

Meski sederhana, tampilan Maps.Me tetap terlihat modern. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur penting, yakni penggunaan offline dan fitur lainnya, seperti ATM, SPBU, restoran dan POI lainnya. Maps. Me disebut sebagai sahabat mereka yang suka berpergian. Keunggulannya terletak pada desain peta setiap negara. Desainnya bersih sehingga bisa mengetahui secara jelas di mana keberadaan sebuah tempat yang Anda tuju.

5. Waze

photo source: microsoft.com

Siapa yang tak kenal aplikasi satu ini? Waze, aplikasi navigasi terbesar di dunia memberikan Anda informasi perjalanan secara real-time yang didasari pada laporan dari pengguna lain. Sesama pengguna dimungkinkan berbagi informasi, baik mengenai gangguan lalu lintas, keberadaan polisi hingga kecelakaan di jalan yang mereka lewati. Dikemas dalam tampilan 3D dan fitur panduan suara, Waze juga memberikan informasi tambahan seperti hotel, ATM atau restoran di sekitar Anda.