< Technology

5 Aplikasi yang Dapat Membantu Pekerjaan Anda

5 Aplikasi yang Dapat Membantu Pekerjaan Anda

Technology

Pekerjaan lancar adalah keinginan semua karyawan. Meski kenyataannya tidak selalu dapat berjalan lancar, namun bukan berarti Anda tidak dapat beekrja secara maksimal.

Bagi Anda pemilik ponsel pintar atau smartphone, cobalah mengunduh lima aplikasi ini yang dapat membantu pekerjaan Anda.

1. CamScanner
Aplikasi ini dapat mengubah foto atau gambar menjadi format PDF. Jadi, jika sewaktu-waktu Anda diminta mengirim berkas dalam format PDF, foto saja berkas tersebut. Lalu, ubah menjadi PDF menggunakan aplikasi CamScanner, dan kirim. Tak perlu lagi menggunakan alat scan dan menyalakan laptop atau komputer.

Photo Source: https://onhax.me

2. Google Drive, iCloud, atau Dropbox
Aplikasi Google Drive, iCloud, dan Dropbox memiliki fungsi yang sama, yakni menyimpan file tapi tidak seperti flash disk atau hard disk yang harus dibawa ke mana-mana jika Anda membutuhkan file tersebut. Sistem aplikasi ini menggunakan komputasi awan (cloud computing).

Photo Source: http://www.knowyourmobile.com

File akan tersimpan di server yang terhubung dengan internet. Artinya, selama ada koneksi internet, file tersebut bisa diakses kapan pun dan di mana pun. Tak perlu repot membawa atau khawatir flash disk dan hard disk terserang virus.

3. Brain Focus
Aplikasi ini sangat berguna bagi Anda yang dituntut untuk multitasking tapi pekerjaan tidak tuntas dengan baik. Brain Focus berfungsi mengatur waktu kerja dengan tersistem. Dengan aplikasi ini, Anda bisa menentukan waktu kerja dan istirahat secara teratur.

 

Photo Source: https://play.google.com

Misalnya ada sebuah tugas, Anda bisa mengatur waktu 60 menit untuk kerja tahap I, 10 menit istirahat, lalu 30 menit untuk lanjut bekerja. Maka, aplikasi ini akan menjadi pengingat waktu kerja dan istirahat.

Anda akan diberi tahu kapan waktunya kerja dan kapan istirahat. Bahkan ada fitur mematikan koneksi Internet saat waktunya bekerja.

4. Evernote
Aplikasi ini dapat membantu Anda merapikan pekerjaan, misalnya dengan cara membuat to-do list atau catatan penting lainnya. Selain itu, Evernote juga dapat dipakai untuk menyimpan gambar, video, audio, dan teks.

 Photo Source: https://blog.evernote.com

Menariknya, aplikasi ini terkoneksi dengan Internet sehingga dapat langsung dibagikan ke kolega atau atasan tanpa harus bertemu langsung. Ada versi berbayar untuk fungsi lebih lengkap dan kapasitas penyimpanan lebih besar.

5. WPS Office
Aplikasi ini adalah solusi untuk pengguna smartphone yang ingin mengakses file Office. Karena hingga saat ini belum ada aplikasi Office di Android maupun iOS, WPS Office bisa digunakan sebagai pengganti. Tak perlu buka komputer untuk mengetik atau melihat berkas, cukup gunakan aplikasi ini yang bisa digunakan kapan pun dan di mana pun.

Photo Source: http://rexdl.com/android