Monday, May 25, 2020
Technology
Technology

5 Aplikasi yang Menguras Baterai Smartphone

Spectr News Theme Isny Dewi R.
30, January 2020
642

Meski sekarang banyak smartphone yang menawarkan baterai berkapasitas besar, namun masih ada beberapa aplikasi yang membuat baterai smartphone cepat habis. Aplikasi ini menguras baterai Anda dengan menjalankan layanan di latar belakang dan akhirnya mengisap baterai ponsel Anda. Apa sajakah aplikasi tersebut?

1. Snapchat
Snapchat adalah salah satu aplikasi yang paling menguras baterai ponsel Anda. Layanan notifikasi akan membuat ponsel Anda sibuk dan menyedot baterai. Snapchat juga menggunakan layanan lokasi untuk mengetahui lokasi pengguna secara real-time. Ini adalah fitur di Snapchat yang dapat Anda aktifkan atau nonaktifkan tergantung apa yang ingin Anda lakukan pada aplikasi ini. Namun, Snapchat adalah aplikasi kamera dengan fitur obrolan dan cerita video. Itulah alasan utama mengapa aplikasi ini sangat menguras baterai.

Anda bisa uninstall Snapchat kecuali jika Anda pengguna Snapchat ‘garis keras’. Anda bisa menyiasatinya dengan mematikan fitur lokasi langsung. Anda juga dapat menolak izin Snapchat untuk layanan lokasi jika Anda tidak ingin aplikasi ini melakukan apa pun dengan lokasi tersebut. Inilah tip lain untuk Anda, matikan notifikasi aplikasi yang tidak perlu, dan itulah cara Anda menghemat baterai. Khususnya, wake screen, dan pemberitahuan acak.

2. Netflix
Netflix juga menjadi salah satu aplikasi yang paling menguras baterai. Netflix juga mengirim pemberitahuan, dan itu alasan lain mengapa baterai cepat habis. Anda dapat membatasi screen time dengan lebih sedikit menonton Netflix di smartphone dan lebih banyak menonton di web.

3. YouTube
YouTube adalah favorit semua orang. Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak waktu menonton video dan Vlog tetapi inilah masalahnya, aplikasi streaming ini menguras sebagian besar baterai, dan itulah sebabnya itu harus dipantau dan diatur. Anda dapat membatasi waktu menonton YouTube dengan menggunakan fitur "Ingatkan saya untuk istirahat" di dalam aplikasi.

4. Facebook
Aplikasi jejaring sosial terbesar ini juga menggunakan baterai smartphone Anda dalam jumlah besar. Facebook berjalan di pembaruan sinkronisasi latar belakang, kontak, menjalankan layanan pemberitahuan dan banyak proses latar belakang. Kedengarannya seperti kekacauan mutlak. Tapi, jangan khawatir, selalu ada jalan.

Anda dapat membatasi menggunakan aplikasi di ponsel Anda atau mematikan semua notifikasi dari dalam aplikasi. Dengan cara ini, Facebook tidak akan menguras baterai dengan pemberitahuan. Juga, batasi data latar belakang dan penggunaan baterai aplikasi ini.

5. WhatsApp
WhatsApp adalah aplikasi pesan instan favorit semua orang dan memiliki lebih dari satu miliar pengguna. Aplikasi ini berjalan di latar belakang dan akan menguras baterai Anda jika sering digunakan. Tidak ada alternatif untuk itu. Yang dapat Anda lakukan adalah membatasi penggunaan Aplikasi dan berhenti membersihkannya dari recent apps jika Anda sering menggunakannya.

Top Picture Source: pixabay.com/users/geralt

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration