< Recreation

5 Art Space di Jakarta Selatan yang Harus Dikunjungi (Part 2)

5 Art Space di Jakarta Selatan yang Harus Dikunjungi (Part 2)

Recreation

Melanjutkan artikel sebelumnya, ini dia lima art space di Jakarta Selatan yang harus Anda kunjungi bagian ke-2.

1. Gallery Kemang 58
Galeri ini menjadi ruang alternatif untuk para pecinta seni yang ingin menikmati karya seni  lukisan dan patung yang dibuat oleh seniman Tanah Air dengan berbagai aliran dan gaya. Gallery Kemang 58 secara rutin mengadakan acara pameran seni, baik pameran tunggal maupun kelompok.

Beberapa seniman Indonesia yang pernah memamerkan karyanya di sini antara lain, Ari Kadarisman, Dunadi, Bayu Wardhana, Erica, Eric Pradana, Klowor Waldiyono, Iswanto, Nawang Wulan, Sujono, Ridi Winarno, Wiyono, dan masih banyak lagi.

Photo Source: https://www.foundmyself.com

Alamat: Jl. Kemang Utara II No. 10, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
No. Telp: (021) 7194178

2. KOI Kemang
KOI Kemang terdiri dari tiga lantai. Lantai pertama merupakan restoran dan bar, lantai kedua untuk furnitur dan art space, sedangkan lantai ketiga merupakan tempat makan privat dan ruang pameran, termasuk area rooftop untuk acara pribadi.

Konsep galeri yang berada satu atap dengan restoran bertujuan untuk memberi variasi kepada pengunjung agar tak jenuh. Sejumlah koleksi barang antik dan karya seni dari koleksi barang-barang seni asli Indonesia dipamerkan di sini. Mulai dari aksesori, seperti dasi, cincin, gelang, topi, kalung, hingga furnitur untuk rumah, luar ruangan, dan taman. Ada juga lukisan dan patung, serta kerajinan tangan lainnya.

 

Photo Source: http://www.koiindonesia.com

Alamat: Jl. Kemang Raya No.72b, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730
No. Telp: (021) 7195668
Jam Operasional: Setiap hari: 08.00 – 00.00 WIB
Website: http://www.koiindonesia.com

3. Bartele’s Gallery
Jika Anda termasuk penggemar barang-barang antik, khususnya barang-barang peninggalan zaman kolonial, Anda harus menyempatkan waktu datang ke Bartele’s Gallery. Di sini Anda bisa menemukan lebih dari 4.000 koleksi barang antik yang tentunya sangat menarik, seperti peta, lukisan, karya di atas kertas, sampai dekorasi rumah ataupun koleksi pribadi yang umurnya sudah lebih dari 500 tahun.

Bisa dibilang Bartele’s Gallery menjadi satu-satunya galeri yang berdedikasi menjual peta antik dan orisinil di Jakarta. Sebagian besar barang-barang bersejarah di sini didapat berkat kegigihan sang pemilik, Bartele Santema, yang hobi mengumpulkan benda-benda historis dari masa kolonial hingga pasca kolonial.

 

Photo Source: https://www.instagram.com/bartelegallery

Alamat: Jl. Kemang Raya No.29A, Jakarta Selatan, 12730
No. Telp: 021 7190087
Websitie: http://bartelegallery.com
E-mail: info@bartelegallery.com
Jam operasional: Setiap hari: 10.00 – 18.00 WIB
Instagram: @bartelegallery

4. Ruang Rupa
Awalnya, Ruang Rupa didirikan sebagai wadah untuk mendukung dan memfasilitasi para seniman lokal agar bisa mengenalkan karya seni buatan mereka melalui seminar, festival, ataupun pameran.

Lalu pada tahun 2008, dibangun sebuah galeri seni yang dinamakan RURU Gallery. Selain itu, Ruang Rupa juga menjadi tempat penyelenggaraan berbagai macam acara seni. Beberapa di antaranya yakni Jakarta 32°c, Bienalle OK, video festival dan acara-acara seni lainnya.

Alamat: Jl. Tebet Timur Dalam Raya No.6, Jakarta Selatan
No. Telp: (021) 218304220
Website: www.ruangrupa.org
Instagram: @ruangrupa

5. Artsphere
Galeri ini didirikan pada tahun 2006 oleh Maya Sujatmiko, seorang akademisi dan profesional seni . Artsphere berfokus pada seni modern, dan kontemporer yang dibuat dari bakat anak muda Indonesia yang berasal dari Jakarta, Yogyakarta, Bali, dan Bandung, serta mempromosikannya di dalam dan luar negeri. 

Alamat: Jl. Kemang Raya No. 2, Bangka, Mampang Prpt., Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12730