Wednesday, November 13, 2019
FYI
FYI

5 Aturan Saat Menginap di Hostel yang Harus Anda Tahu

Spectr News Theme Isny Dewi R.
18, July 2019
546

Bagi para backpacker, hostel tentu bukan lah hal yang asing. Jenis penginapan satu ini bisa dibilang selalu menjadi andalan bagi para traveller yang berhemat. Namun karena memasang tarif yang murah, tentunya ada kekurangan saat menginap di hostel. Salah satunya adalah berbagi kamar dengan orang asing.

Hostel biasanya menyediakan kamar atau ruangan yang berisi beberapa tempat tidur. Ini biasa disebut bunk bed atau dormitory room. Tiap tempat tidur disewakan untuk turis yang ingin menginap. Tentu ini akan membuat Anda harus mau berbagi kamar dengan turis lainnya yang tidak Anda kenal. Meski begitu ada juga hostel yang menyediakan private room. Tentu dengan tarif yang lebih mahal. Karena itu lah ada beberapa aturan penting yang harus Anda tahu sebelum memutuskan menginap di hostel.

1. Tidak Semaunya Sendiri saat Menggunakan Kamar Mandi
Fasilitas kamar mandi di hostel adalah fasilitas umum. Kalau pun ada kamar mandi pribadi, biasanya untuk tipe private room. Jika Anda tipe orang yang butuh waktu lama untuk mandi, baiknya mandi lebih awal di saat tamu lainnya masih tidur atau sedang menikmati sarapan. Bisa juga mandi paling terakhir, agar tamu lain tidak perlu menunggu lama.

Hostel biasanya menyediakan banyak kamar mandi, agar tamu tidak perlu mengantre. Namun, jika banyak tamu yang menginap, tentu Anda tidak boleh semaunya sendiri menggunakan kamar mandi, apalagi di jam-jam di mana banyak tamu yang akan menggunakan kamar mandi.

2. Bawa Alat yang Dapat Membantu Anda Tidur Lelap
Saat menginap di hostel, Anda tidak dapat mengeluh jika ada tamu lain yang tidur mendengkur, AC terlalu dingin atau kurang dingin. Karena itu Anda harus berjaga-jaga dengan membawa peralatan yang dapat membantu Anda tidur lelap seperti masker mata, kaus kaki, baju hangat, atau penutup telinga. Meski begitu, ada juga hostel yang menyediakan kamar kapsul di mana masing-masing kapsul dilengkapi fasilitas kedap suara.

3. Jaga Kebersihan
Ini memang hal penting yang harus dilakukan di mana pun Anda berada, tak terkecuali saat menginap di hostel. Jangan makan di dalam kamar. Hostel biasanya menyediakan ruang khusus untuk makan. Juga jangan menaruh barang sembarangan demi kenyamanan bersama. Penghuni hostel yang terbiasa berantakan dan jorok sering kali menimbulkan konflik dengan penghuni lainya.

4. Jangan Berisik
Orang Asia terkenal memiliki suara yang lebih kencang di kalangan turis internasional. Jagalah volume suara Anda, jika memang harus mengobrol di dalam kamar. Namun, lebih baik jika Anda mengobrol di luar kamar. Atau jika Anda ingin menelpon seseorang, angkat telepon tersebut di luar kamar.

5. Cuci Sendiri Peralatan Makan
Biasanya, hostel juga menyediakan fasilitas dapur bersama dengan sistem self-service. Jadi, jika Anda sudah selesai makan, cuci lah sendiri peralatan makan yang Anda gunakan. Dan jangan lupa membersihkan wastafel saat sudah selesai mencuci, agar tidak kotor dan menimbulkan kesan jorok bagi penghuni lain.

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration