< Tips

5 Bahasa Tubuh yang Dapat Meningkatkan Karisma

5 Bahasa Tubuh yang Dapat Meningkatkan Karisma

Tips

Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), karisma adalah keadaan atau bakat yang dihubungkan dengan kemampuan yang luar biasa dalam kepemimpinan. Seorang yang berkarisma dapat membangkitkan rasa kagum dari masyarakat kepada dirinya.

Dari sini kita dapat menyimpulkan, orang yang memiliki karisma memiliki andil yang besar di dalam masyarakat, dan daya tariknya sering membuatnya menjadi panutan.

Menurut profesor sekaligus psikolog asal Inggris, Richard Wiseman, karisma itu 50% merupakan bawaan dari lahir dan 50% lagi berasal dari latihan. Nah, jika Anda masih ingin menjadi orang yang berkarisma, cobalah lakukan lima bahasa tubuh berikut ini.

1. Jabat Tangan dengan Kuat
Saat bertemu dengan orang, kebanyakan orang Indonesia pasti akan langsung mengulurkan tangannya untuk bersalaman. Nah, di momen inilah Anda dapat menunjukan karisma Anda. Jabatlah tangan orang yang Anda temui itu dengan kuat, tapi jangan terlalu kuat juga, ya.

Sambil berjabat tangan, jangan lupa berikan senyuman kecil ke orang tersebut. Anda juga bisa menambahkan kata-kata positif saat sedang berjabat tangan, seperti “senang berjumpa dengan Anda”, agar terlihat semakin berkarisma.

2. Postur Terbuka
Saat sedang berbicara dengan orang lain, usahakan untuk tidak menutupi wajah Anda dengan tangan atau benda apapun. Pastikan lawan bicara Anda dapat melihat gerakan bibir dan ekspresi wajah Anda saat sedang berbicara.

3. Tatap Mata Lawan Bicara
Karisma itu turun dari mata ke pancaran diri. Jika Anda menatap mata lawan bicara, maka akan tampak pancaran karisma Anda ke orang tersebut.

Orang yang berbicara dengan menatap mata lawan bicaranya memiliki sensasi yang berbeda. Anda perlu menatap dengan tatapan yang tajam. Buatlah seolah mata Anda sedang berbicara, menyiratkan karisma yang ada di diri Anda.

4. Berpenampilan Menarik
Penampilan tentu saja sangat mempengaruhi karisma. Karena yang pertama kali dilihat orang adalah penampilan. Dan dari penampilan itulah orang lain menilai kepribadian Anda. Jadi, usahakan untuk berpenampilan menarik, seperti rapi, namun tetap terlihat santai dan tidak kaku. Jangan sampai lawan bicara Anda menilai jelek diri Anda, hanya karena penampilan yang berantakan.

5. Tersenyum
Bisa dibilang ini adalah senjata rahasia yang dapat Anda gunakan jika sudah mempraktekkan semua cara di atas. Senyuman akan sangat berpengaruh terhadap lawan bicara Anda. Dengan senyuman, suasana yang semula tegang atau kaku bisa dapat mencair dan lebih santai. Orang pun akan jadi bersemangat untuk berbincang dengan Anda.