< Tips

5 Cara Agar Aplikasi Mobile Anda Sukses

5 Cara Agar Aplikasi Mobile Anda Sukses

Tips

Seiring dengan perubahan zaman dan kemajuan teknologi, inovasi teknologi pun berevolusi dan diciptakan untuk memudahkan pengguna (user) dalam menjalankan kehidupan sehari-hari.

Tak jarang para pengusaha yang bergerak di bidang digital seperti pemilik e-commerce maupun portal online mulai melirik aplikasi sebagai alat untuk berjualan. Sebut saja beberapa contoh aplikasi mobile yang umum adalah untuk kebutuhan transportasi online dan online shop. Nah, supaya aplikasi mobile Anda sukses, perhatikanlah 5 cara berikut ini!

1. Start with Free
Mulailah dengan gratis. Bila memiliki aplikasi mobile dan ingin memasarkan produk Anda, sebaiknya hindari untuk mematok harga pada pengguna (user) pada saat launching produk Anda. Karena hal ini akan membuat orang tidak mau mengetahui aplikasi Anda lebih jauh.

Biasanya bebas pungutan biaya alias gratis, akan lebih menarik orang untuk mengunduhnya. Semakin banyak orang yang mengunduhnya dengan gratis, maka produk Anda akan semakin dikenal banyak orang.

2. Presentation + Great Promotion = Great Result
Jangan salah, lho, aplikasi mobile perlu untuk dipresentasikan. Tujuannya adalah agar orang tahu keunggulan aplikasi mobile yang Anda miliki dan membuat mereka tertarik untuk mengetahuinya lebih dalam.

Presentasi bisa dilakukan secara offline maupun online. Melakukan presentasi secara online merupakan salah satu cara mempromosikan produk Anda juga. Semakin baik dan bagus presentasi yang disampaikan, maka promosinya pun akan terlihat baik dan diharapkan menghasilkan feedback yang positif juga. Maka dari itu, buatlah presentasi dan promosi dengan baik dan bagus untuk menarik orang.

3. Mengelola Aplikasi
Pengelolaan aplikasi sangatlah penting. Aplikasi juga butuh di-maintain dan dikelola agar aplikasi yang Anda buat terlihat serius dan terpercaya. Selain itu pengelolaan dan pemeliharaan konten juga tidak kalah pentingnya untuk diperhatikan.

Dengan memperbaharui aplikasi Anda, orang juga akan melihat dan menilai bentuk kepedulian Anda sebagai developer untuk berpikir secara kreatif dan berinovasi dalam mengembangkan aplikasi.

Dengan semakin ketatnya persaingan, maka Anda pun dituntut untuk membuat dan mengemas aplikasi yang disertai dengan fitur-fitur menarik dan mudah digunakan (user friendly).

4. Kemas dengan Menarik
Membuat dan mengemas sebuah aplikasi tidaklah cukup baik dan benar saja, tetapi juga harus dikemas secara kreatif dan fresh. Buatlah sesuatu yang berbeda namun tetap user friendly.

Bagi market Indonesia, tampilan luar masih berperan penting dalam menentukan suksesnya suatu aplikasi online. Oleh karena itu, pastikan estetika dan keindahan desain aplikasi online Anda dibuat secara baik, benar, menarik, out of the box, dan user friendly.

5. Libatkan User
Melibatkan para user di sini maksudnya adalah dengan memberikan mereka ruang untuk mengkritik aplikasi online yang Anda miliki.

Anda tidak perlu takut akan kritikan. Justru dengan adanya kritikan dan masukan dari user, Anda bisa mempelajari kekurangan aplikasi Anda dan segera memperbaikinya agar lebih sempurna. Good luck and keep the spirit!