< Business

5 Cara Agar Liburan Anda Tak Mengganggu Keuangan

5 Cara Agar Liburan Anda Tak Mengganggu Keuangan

Business

Liburan kini ibarat kata sudah menjadi kebutuhan bagi setiap orang, terutama bagi mereka yang memiliki kesibukan. Akan tetapi, liburan juga bisa menjadi bencana keuangan, jika salah dalam mengaturnya.

Mengutip moneycrashers.com, setidaknya ada 5 cara yang bisa diakukan agar liburan tak mengganggu keuangan.

1. Menyusun Anggaran
Merencanakan liburan tanpa anggaran adalah hal yang paling berisiko. Untuk itu, Anda perlu menilik bujet pribadi dan tabungan, pengeluaran rutin, dan biaya lainnya, Jika masih ada sisa yang cukup, maka bisa Anda manfaatkan untuk pergi berlibur. Jangan sampai hal-hal yang menjadi prioritas justru diabaikan hanya karena Anda sudah tidak sabar ingin liburan.

Agar lebih mudah menyusun anggaran liburan, Anda bisa menggunakan situs atau aplikasi yang dapat membantu membuat anggaran sesuai dengan destinasi yang Anda pilih.

2. Berlibur Bukan di Musim Liburan
Jika Anda memiliki jadwal kerja yang fleksibel atau bisa mengambil cuti leluasa, berliburlah di saat tidak sedang musim liburan atau low season. Selain bujet yang dikeluarkan lebih murah, destinasi yang akan dituju juga lebih sepi.

Sebaliknya, jika Anda liburan di high season atau musim liburan, biasanya semua harga akan naik, seperti tiket transportasi, hingga biaya akomodasi.

3. Pilih Akomodasi Murah
Untuk liburan yang hemat namun tetap menyenangkan, sebaiknya pilih homestay atau hostel yang tarifnya jauh lebih murah ketimbang hotel.

Kalau kebetulan Anda belum berkeluarga atau liburan sendirian maupun bersama teman, tak ada salahnya memilih penginapan yang murah. Ada banyak penginapan yang menyediakan kamar besar dan muat banyak orang. Kamar jenis ini bisa Anda tempati bersama teman-teman dan saling berbagi untuk biaya menginap.

Meski fasilitas yang ditawarkan tak selengkap di hotel, namun rasa-rasanya jika Anda hanya ingin menikmati liburan bersama teman atau sendirian, tak perlu penginapan dengan fasilitas mewah. Toh, selagi Anda masih bisa tidur dengan nyenyak dan hanya perlu mengeluarkan sedikit uang, kenapa tidak?

4. Liburan Pendek
Kalau Anda hanya ingin relaksasi atau lari dari hiruk pikuk perkotaan, rasanya tak perlu pergi berlibur hingga lebih dari seminggu. Waktu liburan yang lebih sedikit tentu akan menghemat biaya. 3 – 4 hari pun sudah lebih dari cukup.

Agar tak kelamaan di perjalanan, Anda bisa mendatangi destinasi wisata yang tidak terlalu jauh, seperti Yogyakarta, Semarang, Bandung, atau Lampung.

5. Cari Promo
Tidak ada yang lebih indah dari liburan menggunakan promo. Maskapai penerbangan kerap memberikan promosi potongan harga tiket, jadi jangan sampai lewatkan kesempatan ini.

Anda bisa mendatangi pameran liburan yang biasanya menjadi ajang perusahaan maskapai penerbangan atau agen perjalanan menawarkan promo seru mereka.