< Tips

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Bosan Saat Berpuasa

5 Cara Ampuh Atasi Rasa Bosan Saat Berpuasa

Tips

Bulan Ramadan yang datang satu tahun sekali ini tentu harus Anda manfaatkan sebaik mungkin. Dengan banyak keistimewaan dan godaan selama bulan suci ini, berikut beberapa tips ampuh untuk mengatasi rasa bosan yang menghinggapi diri Anda.

1. Mengaji

Tidak ada salahnya menargetkan diri sejak awal puasa untuk melakukan banyak kegiatan ibadah. Biasanya, rasa bosan erat kaitannya dengan kegiatan monoton, itu-itu saja. Jika selama ini Anda mengaji sendiri di rumah, tidak ada salahnya untuk mengikuti pengajian bersama di masjid terdekat.

2. Membaca

Selain menghilangkan rasa bosan, membaca juga dapat menambah wawasan. Pilih buku yang genre-nya ringan, Anda juga bisa membaca buku sambil mendengarkan musik favorit di jam-jam krusial menjelang berbuka puasa.

3. Melakukan Hobi

Adakah hal lain yang lebih menyenangkan dibanding melakukan hobi saat bosan melanda? Setiap orang pasti memiliki hobi, menulis, melukis, memasak, bermain gitar, bercocok tanam dan masih banyak lagi hobi yang dapat dilakukan untuk mengatasi rasa bosan selama berpuasa. Saat melakukan hobi, dijamin rasa bosan, lesu saat puasa tidak akan terasa lagi.

4. Olahraga

Olahraga memang menyimpan banyak sekali manfaat, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam menjalankan olahraga selama berpuasa. Olahraga selama bulan Ramadan sebaiknya dilakukan 30 – 60 menit menjelang buka puasa atau setelah berbuka puasa, di mana perut dalam keadaan tidak kosong, sudah terisi makanan dan minuman. Sebab, ketika berolahraga tubuh membutuhkan makanan terutama karbohidrat untuk diubah menjadi energi. Lakukan olahraga ringan, seperti jogging atau bersepeda.  

5. Ngabuburit

Dari berbagai macam kegiatan untuk menghilangkan rasa bosan selama berpuasa, ngabuburit mungkin yang paling sering Anda lakukan. Berkunjung ke rumah teman atau mengunjungi tempat-tempat yang belum pernah Anda kunjungi sebelumnya dapat membantu Anda terlepas dari jeratan rasa bosan.