< Tips

5 Cara Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru

5 Cara Beradaptasi di Tempat Kerja yang Baru

Tips

Perpindahan ke tempat kerja yang baru dapat membuat seseorang kebingungan atau bahkan cenderung menjadi pendiam karena merasa canggung berada di lingkungan yang baru. Untuk terhindar dari hal-hal tersebut, berikut 5 cara untuk beradaptasi di tempat kerja yang baru.

1. Kenali Semua Orang
Jangan malu untuk mengajak orang-orang di sekitar meja kerja Anda untuk berkenalan. Cobalah untuk santai dan perkenalkan diri Anda, sesekali ajak mereka untuk bercakap agar lebih mengenal satu sama lain. Karena orang yang berada di sekitar Anda dapat membuat semangat bekerja selain itu juga berguna untuk memperluas pergaulan. 

2. Tunjukkan Antusiasme Bekerja
Sebagai anak baru di kantor, tunjukanlah semangat bekerja Anda. Seberat apapun pekerjaan yang diberikan, Anda harus tetap memandangnya dengan positif dan jangan sampai hal tersebut menyurutkan semangat bekerja Anda. Ikutilah kegiatan-kegiatan yang diselenggarakan di kantor, tunjukkan prestasi agar kantor dapat melihat bahwa Anda merupakan pilihan yang tepat dan tidak mengecewakan. 

3. Hargai Budaya Perusahaan
Ingatlah bahwa setiap perusahaan memiliki budaya dan peraturannya masing-masing. Cari tahulah, dan ikuti hal tersebut. Bagaimana pun juga Anda sekarang berada di perusahaan yang baru dan bekerja di sana. Jagalah sikap dan juga tutur bahasa Anda ketika berada di kantor, agar orang lain tidak memiliki kesan yang buruk terhadap Anda. 

4. Jangan Malu Bertanya
Karena ada satu hal dan lainnya yang baru bagi Anda, janganlah malu untuk bertanya dengan rekan kerja Anda atau bahkan atasan Anda. Apalagi jika berkaitan tentang pekerjaan yang Anda lakukan. Daripada ditegur karena pekerjaan Anda salah, lebih baik bertanya untuk mencegah berbuat kesalahan. 

5. Minta Penilaian
Setelah sekitar satu bulan bekerja, mintalah penilaian atau evaluasi dari atasan Anda. Dengan menerima feedback, Anda dapat meningkatkan kinerja Anda demi menghasilkan pekerjaan yang lebih baik lagi.