< Tips

5 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

5 Cara Bijak Menggunakan Media Sosial

Tips

Maraknya penggunaan media sosial di era globalisasi ini dapat menimbulkan berbagai macam masalah. Agar Anda terhindar dari masalah tersebut, ada 5 cara bijak bagaimana menggunakan media sosial. Simak!

1. Hindari Komentar Negatif
Posting-an yang ada di media sosial hampir semuanya dapat kita komentari. Baik itu yang berasal dari teman kita sendiri maupun dari sebuah forum. Hindarilah mengeluarkan komentar yang negatif apalagi yang dapat menyinggung orang atau kelompok lain.

Jika Anda merasa tidak setuju dengan pendapat seseorang, lebih baik simpan saja di dalam diri Anda sendiri. Adanya komentar negatif di media sosial hanya akan menyulut komentar dari pihak lain yang dapat berujung pada adu pendapat. Terlebih lagi jika Anda menggunakan kata-kata kasar, Anda dapat terkena undang-undang ITE (Informasi dan Transaksi Elektronik).

2. Jangan Share Informasi Pribadi
Luasnya jaringan media sosial membuat informasi yang Anda bagikan dapat dilihat oleh orang lain yang berada di luar negeri sekalipun. Oleh karena itu, hindari sharing informasi mengenai data pribadi Anda seperti alamat rumah, nomor telepon, atau data pribadi lain yang dapat disalahgunakan oleh orang lain. 

3. Filter Siapa yang Dapat Menjadi Teman Anda
Pada saat Anda mendaftar pada sebuah situs media sosial, otomatis profil Anda dapat ditemukan oleh siapapun yang memiliki akun pada situs yang sama. Oleh karena itu, pada saat ada orang lain yang meng-add Anda sebagai teman, periksa dahulu siapa orang tersebut.

Jika Anda tidak mengenalnya, lebih baik tidak usah di-approve. Jika sudah terlanjur Anda approve, janganlah mudah percaya dengan apa yang orang tersebut katakan. 

4. Jangan Langsung Percaya Terhadap Sebuah Informasi
Dengan adanya internet, informasi dapat dengan mudah tersebar luas. Namun, informasi tersebut tidak semuanya benar. Anda harus pintar-pintar dalam memilih informasi mana yang benar dan mana yang salah. Jangan sampai Anda membagikan informasi yang salah kepada orang lain. Lakukan kroscek ulang sebelum Anda memberitahukan informasi tersebut kepada orang lain. 

5. Gunakanlah Tata Bahasa yang Baik
Karena media sosial menggunakan bahasa tulisan yang berbeda pemaknaannya dengan bahasa lisan, gunakanlah tata bahasa yang baik agar tidak menimbulkan salah pengertian dari pihak lain. Biasakanlah untuk menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan juga sertakan sumber pada saat Anda mengutip informasi yang berasal dari orang atau situs lain. Good luck!