< Tips

5 Cara Manfaatkan Ampas Teh untuk Wajah

5 Cara Manfaatkan Ampas Teh untuk Wajah

Tips

Salah satu minuman kaya anti-oksidan, teh, memang diketahui menyimpan segudang manfaat. Salah satunya, bagi Anda yang khawatir akan masalah penuaan dini terutama yang terlihat jelas pada kulit wajah dapat memanfaatkan ampas teh untuk memperbaiki elastisitas kulit sekaligus melawan tanda-tanda penuaan, seperti age spot, garis halus atau kerutan. Berikut 5 cara sederhana memanfaatkan ampas teh seduhan untuk kecantikan wajah.

1. Toner

Cara menggunakan ampas teh seduhan untuk toner wajah terbilang mudah. Gunakan teh hijau favorit Anda, seduh menggunakan air hangat, diamkan sampai dingin. Tempatkan air seduhan teh pada botol semprot bersih. Anda bisa menyemprotkan air tersebut langsung pada wajah atau ditambah dengan beberapa tetes minyak esensial favorit. Selain disemprot, Anda juga dapat mengaplikasikannya dengan kapas, pagi dan malam hari. Gunanya untuk membersihkan sisa kotoran setelah mencuci wajah, mengecilkan pori-pori sekaligus menjaga agar tetap terhidrasi.

2. Menghilangkan Jerawat

Tahukah Anda jika kandungan dalam teh bisa menghilangkan bakteri pemicu jerawat pada wajah? Cara menggunakannya sangatlah mudah. Cukup diamkan ampas teh selama satu malam, campur dengan air hingga teksturnya mengental, kemudian oleskan ampas teh tersebut pada wajah dan leher, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air dingin hingga bersih.

3. Menghilangkan Kantung Mata

Kandungan anti-oksidan dan anti-iritasi yang tinggi pada teh berguna untuk mengurangi pembengkakan pada mata sekaligus mengembalikan warna alami kulit di sekitar mata. Kompres kedua mata dengan ampas atau kantung teh bekas yang sudah dicelup ke dalam air dingin. Diamkan selama beberapa menit, kemudian bilas dengan air bersih. Ulangi minimal tiga kali dalam seminggu untuk hasil yang lebih maksimal.

4. Mengontrol Minyak

Ampas teh juga cocok dimanfaatkan untuk mengatasi minyak pada wajah. Kandungan senyawa polisakarida pada teh bermanfaat untuk mengatur keseimbangan gula dalam darah yang mempengaruhi produksi kelenjar sebum. Pengaplikasiannya cukup mudah, campur ampas teh dengan air hingga teksturnya mengental, oleskan pada bagian wajah yang berminyak, diamkan hingga mengering, bilas dengan air hangat hingga bersih.

5. Mencerahkan Kulit

Menurut penelitian yang dilakukan oleh Medical College of Georgia, kandungan pada teh hijau terbukti mampu mencerahkan warna kulit. Caranya, siapkan ampas atau kantung teh bekas, campur dengan 2 sendok teh madu, dan sedikit perasan lemon. Oleskan campuran ketiganya pada wajah secara merata, diamkan selama 15 menit, bilas dengan air hangat hingga bersih. Aplikasikan dua kali dalam seminggu untuk hasil lebih maksimal.