< Business

5 Cara Manfaatkan KTA untuk Bisnis

5 Cara Manfaatkan KTA untuk Bisnis

Business

Berencana mengembangkan bisnis yang saat ini tengah Anda geluti? Mendapat bantuan kredit usaha dari bank bukan hal yang mustahil untuk usaha Anda. Meski bukan perkara mudah, namun jika Anda dapat memanfaatkan pilihan kredit usaha seperti kredit tanpa agunan (KTA) secara bijak, bukan tidak mungkin bisnis yang Anda geluti dapat berkembang. Berikut cara memanfaatkan KTA untuk meningkatkan produktivitas bisnis.

1. Sebagai Modal Tambahan

Tidak sedikit orang memanfaatkan KTA untuk mendanai bisnis yang baru saja dirintis. Hal tersebut memang tidak sarankan, pasalnya, bunga KTA masih terbilang cukup tinggi, di atas 1,5% per bulan. Manfaatkan KTA sebagai modal tambahan. Misal, biaya usaha yang Anda butuhkan 200 juta, modal awal yang Anda miliki 150 juta, ajukan KTA sesuai dengan kekurangan yang Anda butuhkan, yakni 50 juta.

2. Hanya untuk Mengembangkan Bisnis

Jika KTA digunakan untuk mendanai bisnis yang baru saja Anda rintis, kemungkinan gagalnya jauh lebih besar. Pasalnya, belum ada gambaran apakah bunga KTA dengan margin keuntungan sebanding. KTA dirasa jauh lebih tepat untuk mengembangkan bisnis. Setidaknya, Anda sudah mengetahui cara menghasilkan uang dan mencicil pinjaman dibanding dengan yang baru saja merintis bisnis.

3. Bandingkan Bunga KTA dengan Pendapatan

Anda wajib membandingkan bunga KTA dengan pendapatan bersih per bulan. Misalnya, Anda menjual satu porsi rice bowl seharga Rp40.000 dengan biaya bahan baku Rp14.000 dan biaya lain-lain produksi Rp10.000, berarti keuntungan yang Anda kantongi untuk satu mangkuk rice bowl Rp16.000. Dengan kata lain, presentase profit sebesar 40% (Rp16.000 / Rp40.000). Jika presentase profit lebih besar, maka tidak masalah jika ingin menggunakan KTA sebagai modal tambahan dengan perhitungan bunga 1 – 1,5% per bulan.

4. Pilih Bisnis yang Cepat Menguntungkan

Meski demikian, alangkah baiknya jika cicilan bunga KTA dapat langsung ditutup dengan keuntungan bersih bisnis yang Anda geluti. Pilih bisnis yang perputaran arus kasnya cepat, dengan demikian Anda bisa menilai apakah performa bisnis sesuai dengan harapan atau tidak untuk dapat membayar cicilan KTA.

5. Perhitungkan Pembayaran Cicilan

Selain membuat rencana keuangan, Anda juga wajib memperhitungkan pembayaran cicilan agar keuntungan tidak hilang begitu saja untuk membayar cicilan. Perhatikan betul berapa lama cicilan harus dibayarkan, sebab Anda juga harus memperhitungkan modal untuk bulan selanjutnya.