< Business

5 Cara Memaksimalkan Kartu Kredit untuk Traveling ke Luar Negeri

5 Cara Memaksimalkan Kartu Kredit untuk Traveling ke Luar Negeri

Business

Siapa bilang kartu kredit membuat seseorang dapat terlilit hutang? Nyatanya, jika kartu kredit dimaksimalkan dengan baik, terutama bagi Anda yang gemar sekali bebergian ke luar negeri, dapat mendatangkan keuntungan tersendiri.

Alat transaksi non tunai yang sangat praktis ini dapat digunakan untuk berbagai keperluan, mulai dari pembelian tiket pesawat, reservasi hotel, hingga makan. Agar Anda dapat merasakan segudang manfaat kartu kredit saat traveling ke luar negeri, simak cara memaksimalkannya berikut ini.

1. Sebelum traveling ke luar negeri, pastikan Anda memberitahu pihak bank yang menerbitkan kartu kredit Anda. Tujuannya, agar pihak bank membukakan akses ke negara yang Anda tuju. Selain itu, pihak bank dapat mengenali semua transaksi yang Anda lakukan di luar negeri, sehingga transaksi tidak dianggap mencurigakan dan berakibat pada pemblokiran.

2. Jika memiliki lebih dari satu kartu kredit, gunakan kartu kredit yang diterbitkan oleh bank-bank lokal atau bank asing yang memiliki cabang di Indonesia. Kartu kredit yang diterbitkan oleh bank asing dan tidak memiliki cabang di Indonesia hanya akan membebani Anda. Sebab, Anda berisiko terkena pajak ganda, yakni pajak pertambahan nilai dari setiap transaksi yang Anda lakukan dan pajak penghasilan.

3. Sebelum melakukan transaksi apapun, periksa kembali limit kartu kredit dan masa berlakunya. Limit kartu kredit ditentukan oleh besarnya pendapatan, total hutang, jumlah pengajuan pembuatan kartu kredit hingga saldo tabungan. Biaya over limit setiap kartu kredit berbeda, biasanya sekitar 5% dari kelebihan limit. Misal, limit kartu kredit yang disetujui Rp 10 juta, sementara total tagihan Rp. 13.500.000 (kelebihan tagihan 3.500.000). Maka, biaya over limit yang harus Anda bayar 5% x Rp. 3.500.000 = Rp. 175.000.

4. Tidak sedikit restoran yang menawarkan banyak promo jika membayar menggunakan kartu kredit. Cobalah cari tahu restoran mana yang menawarkan promo tersebut, sebelum memutuskan makan di luar.

5. Sebaiknya gunakan uang tunai saat melakukan transaksi yang jumlahnya tidak terlalu besar, seperti makan siang atau membeli kopi. Menggunakan kartu kredit hanya akan membuat Anda menjadi boros karena Anda tidak merasa benar-benar mengeluarkan uang untuk makan siang atau membeli kopi.