< Tips

5 Cara Memaksimalkan Kesempatan Magang di Perusahaan

5 Cara Memaksimalkan Kesempatan Magang di Perusahaan

Tips

Saat ini magang menjadi salah satu syarat kelulusan bagi mahasiswa. Ada juga mahasiswa yang magang untuk memanfaatkan waktu luangnya. Magang sendiri biasanya dilakukan di perusahaan-perusahaan dalam jangka waktu 2 – 5 bulan atau bahkan lebih.

Selain bermanfaat untuk nilai kelulusan, program magang juga memberikan keuntungan lainnya jika Anda dapat memaksimalkannya. Bagaimana caranya? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Selesaikan Pekerjaan dengan Baik
Menjadi pekerja magang berarti Anda harus mampu mengerjakan semua tugas yang diberikan, mulai dari pekerjaan berskala kecil hingga tugas yang cukup berat. Laksanakan semua tugas yang dilimpahkan ke Anda dan tunjukkan ke perusahaan bahwa Anda serius dan dapat diandalkan meskipun berstatus pekerja magang.

2. Perluas Wawasan
Pekerja magang bisa lebih dari sekadar tenaga bantuan atau mahasiswa yang membutuhkan nilai. Anda dapat menambah wawasan bahkan dalam pekerjaan kecil yang Anda lakukan setiap hari.

Tambah wawasan Anda dengan mengenal lebih jauh setiap pekerjaan yang diberikan secara acak, sistem kerja yang berlaku, dan gali lebih dalam tentang pekerjaan apa yang Anda sukai. Dengan demikian, Anda pun dapat memperluas wawasan yang tentunya akan sangat bermanfaat saat tiba waktunya Anda bekerja sebagai staf tetap.

3. Temukan Peluang dan Kesempatan
Terkadang, pekerja magang memiliki kesempatan untuk bekerja dalam tim atau melakukan pekerjaan yang juga dilakukan oleh pegawai tetap. Jika Anda mendapatkan kesempatan tersebut, gunakanlah dengan baik dan tunjukkan kepada pihak terkait bahwa Anda dapat bekerja secara profesional. Jika Anda belum mendapatkan kesempatan tersebut, carilah kesempatan dan tawarkan diri Anda untuk menangani tugas tersebut.

4. Berikan Solusi
Jika Anda bekerja dalam tim, dan tim tersebut sedang mengalami kesulitan, cobalah membantu mencari solusinya. Terlebih jika Anda memiliki solusi yang cemerlang dan diberi kesempatan untuk mengutarakannya, tak perlu sungkan untuk mengemukakannya di depan rekan se-tim yang lebih berpengalaman dari Anda. Bukan tak mungkin, solusi Anda menjadi yang terbaik dan keberadaan Anda di perusahaan tersebut semakin dipertimbangkan ke depannya.

5. Simpan Honor Anda
Poin ini juga tak kalah penting. Masing-masing perusahaan memiliki kebijakan tersendiri terkait pembayaran tenaga kerja magang. Jika perusahaan tempat Anda magang memberikan bayaran, cobalah untuk menabung sebagian yang dapat dimanfaatkan di kemudian hari.