< Tips

5 Cara Membangun Mood Bekerja Setelah Libur Panjang

5 Cara Membangun Mood Bekerja Setelah Libur Panjang

Tips

Walaupun liburan sudah berakhir, bukan berarti semangat bekerja turut berakhir. It’s time to go back to reality! Sambutlah tahun baru dan hari Senin pertama di tahun 2016 ini dengan semangat yang baru dan tentunya resolusi baru juga dong. Mungkin ada di antara Anda yang masih terbawa dengan euphoria liburan seru kemarin. Tapi kenyataanya Anda harus kembali bekerja dan melakukan segudang aktivitas yang biasa Anda lakukan. Tenang, Anda bisa kok memulai mood bekerja kembali seperti semula. Bagaimana caranya? Simple, check this out!

 1. Datang Lebih Awal
Yup, datanglah lebih pagi dari biasanya. Hal ini untuk membiasakan dan membuat diri Anda beradaptasi lagi dengan rutinitas yang biasa dilakukan. Selain itu, jika Anda datang lebih pagi memudahkan Anda untuk mempersiapkan diri melakukan pekerjaan yang sudah lama dilupakan. Dengan demikian Anda tidak akan keteteran saat mengerjakan dan menyelesaikannya.


 Photo source: https://pixabay.com.

2. Buat Jadwal Kerja
Pastikan Anda membuat jadwal kerja untuk seminggu atau mungkin sebulan ke depan. Dengan adanya jadwal kerja yang jelas dan berurutan akan memudahkan Anda menyelesaikan pekerjaan secara sistematis. Dengan mengetahui apa yang harus dikerjakan sesuai dengan jadwal yang ditulis, Anda tahu mana yang harus dikerjakan terlebih dulu.

3. Merapikan Folder yang Ada di Komputer  
Ya, merapikan folder yang ada di komputer atau laptop sebelum mulai bekerja merupakan salah satu cara mengumpulkan ‘nyawa’ sebelum mulai bekerja. Periksalah kembali, apakah file-file yang ada di komputer Anda masih berantakan atau tidak. Make everything more organized. Jangan lupa gantilah wallpaper dengan sesuatu yang Anda sukai, atau mungkin resolusi baru di tahun yang baru. Pasti hal tersebut akan memacu semangat kerja kembali.


Photo source: https://pixabay.com

4. Manage Your Time
Time management sangatlah penting. Hal ini bertujuan untuk mendisiplinkan diri supaya Anda bisa menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Usahakan Anda bisa menyelesaikan pekerjaan tepat pada waktunya sehingga menghindari lembur. Itu sebabnya dengan membuat jadwal bekerja akan memudahkan Anda dalam mengatur waktu.

5. Mulai Bekerja Secara Perlahan
Saat Anda baru saja berlibur dan kembali masuk kantor, jangan terlalu terburu-buru dalam menyelesaikan pekerjaan. Karena Anda masih belum fokus dan butuh waktu untuk menyesuaikan diri kembali ke dalam rutinitas yang biasa Anda jalankan seperti sebelumnya. Sebaiknya, selesaikanlah pekerjaan secara perlahan-lahan, setahap demi setahap, namun tetap konsisten dengan deadline yang sudah ditentukan. Untuk membangun semangat kerja, mulailah dengan pekerjaan yang mudah dulu. Good luck and have a great day!