< Tips

5 Cara Membebaskan Diri dari Pekerjaan Saat Weekend

5 Cara Membebaskan Diri dari Pekerjaan Saat Weekend

Tips

Tidak terasa, satu pekan sudah berlalu. Saatnya bersenang-senang dan bersantai. Walau terkadang saat akhir pekan masih ada saja orang yang mengerjakan pekerjaan yang harus diselesaikan dan mengejar deadline yang telah ditentukan. Nah, jangan sampai Anda menjadi salah satu orang yang mengalaminya.

Bila Anda terpaksa melakukannya karena tuntutan dan kewajiban, ya mau bagaimana lagi. Tapi kalau Anda harus mengalami hal tersebut karena kesalahan Anda yang terlalu santai di hari-hari biasa, waktunya Anda merubah strategi! Caranya? Simak artikel yang satu ini!

1. Finish Your Job on Time
Selesaikanlah pekerjaan tepat pada waktunya. Tanamkan prinsip ini pada diri Anda dan lakukan dengan benar serta sungguh-sungguh. Sebaiknya jangan menunda pekerjaan yang harus diselesaikan, karena akan membuat pekerjaan Anda semakin menumpuk. Alhasil Anda akan menjadi stres dan mungkin Anda dihantui, atau terpaksa harus menyelesaikan pekerjaan. Whoops! Tidak mau kan weekend Anda ‘dirusak’ dengan pekerjaan kantor. So, be on time!

 
Hindari meeting. Sumber foto: www.sunzu.com

2. No Weekend Meeting
Usahakan hindari meeting dengan klien di akhir pekan. Sekalipun Anda seorang workcholic! Maka dari itu salah satu untuk menghindari meeting di akhir pekan, pastikan semua pekerjaan Anda beres pada waktunya. Lebih baik lagi selesai sebelum waktunya. Dengan demikian, Anda dinilai sebagai karyawan yang bertanggungjawab terhadap pekerjaan dan Anda pun dapat menghabiskan waktu bersama keluarga, teman, pasangan, atau mungkin… me time.

3. Meet Your Friends
Bertemu teman-teman tentunya menyenangkan. Ajaklah mereka ngopi atau mungkin hangout bersama sambil barbekyu di rumah, kenapa tidak? Apapun bentuknya, menghabiskan weekend bersama para sahabat pastinya seru.

 
Berlibur di akhir pekan. Sumber foto: https://pixabay.com

4. Make a Short Vacation
Siapa bilang berlibur tidak bisa dilakukan saat akhir pekan? Bisa banget! Browsing! Manfaatkanlah teknologi internet semaksimal mungkin. Dengan mem-browsing, Anda bisa mendapatkan promo-promo menarik mulai dari destinasi, hotel maupun tiket. Coba cek e-commerce yang menjual tiket maupun akomodasi ke tempat tujuan Anda.

5. Push Yourself to Avoid Working
Jika seribu satu macam cara sudah dilakukan namun hasilnya berujung bekerja saat weekend, mungkin sudah waktunya Anda menghindari pekerjaan itu sendiri. Caranya? Matikan telepon genggam Anda. Gunakan nomor sementara yang hanya diketahui keluarga dan orang-orang terdekat agar Anda masih bisa berkomunikai dengan mereka.

Cara lain, jauhkan diri Anda dari laptop dan manfaatkan waktu Anda daripada sekedar menghabiskan diri di depan laptop. Sebaliknya, lakukanlah kegiatan-kegiatan yang ingin Anda lakukan, yang sempat tertunda karena kesibukan sehari-hari.