< Tips

5 Cara Menanamkan Sifat Leadership

5 Cara Menanamkan Sifat Leadership

Tips

Perlunya memiliki sifat kepemimpinan atau leadership sangat berguna bagi diri sendiri maupun orang lain. Apalagi bagi Anda yang ingin menaikkan karir Anda di kantor, pastinya atasan Anda perlu melihat sisi leadership Anda. Bagi yang belum yakin bagaimana caranya memiliki sifat leadership, simak artikel berikut ini! 

1. Berani Bertanggung Jawab
Sebagai seorang pemimpin tentunya Anda harus bertanggung jawab pada tugas-tugas yang dilakukan oleh tim Anda dan diri sendiri. Dengan menjadi person in charge, Anda harus tahu dan berani menanggung kesalahan yang dibuat oleh rekan Anda. Memang terdengar pahit, namun inilah salah satu resiko seorang pemimpin. 

2. Tidak Cepat Putus Asa
Menjadi seorang pemimpin tentunya akan menghadapi berbagai macam tantangan. Bahkan ada tantangan yang belum tentu Anda bisa hadapi. Namun, Anda tidak boleh putus asa dan harus menemukan bagaimana caranya menghadapi tantangan atau masalah tersebut. Tunjukan pada tim bahwa Anda adalah seseorang yang dapat diandalkan. 

3. Disiplin
Memiliki sifat disiplin akan membantu Anda menyelesaikan pekerjaan dengan tepat. Adanya peraturan yang dibuat ditujukan agar segala sesuatunya tidak menyimpang keluar dari jalur. Maka dari itu, ikutilah peraturan tersebut. Tak hanya disiplin pada peraturan, Anda juga perlu disiplin pada waktu agar pekerjaan dapat selesai dengan baik. Dengan bersikap disiplin, Anda akan menjadi contoh yang baik bagi tim Anda. 

4. Mau Membimbing
Seorang leader berbeda dengan seorang bos. Jika bos hanya menyuruh saja dan tinggal menerima hasilnya, seorang leader turut serta terjun bersama tim dan membimbing bersama-sama menuju tujuan yang diinginkan. Dengan seperti ini, ikatan kerja Anda dengan tim akan semakin kuat dan membentuk tim yang hebat. 

5. Dengarkan Pendapat
Tidak selamanya seorang leader itu selalu bertindak benar. Dengarkanlah pendapat dari tim Anda yang dapat dijadikan feedback agar bisa bersikap sesuai dengan keinginan tim. Feedback tersebut dapat Anda jadikan sebagai refleksi diri untuk menjadi pemimpin yang lebih baik untuk tim Anda.