< FYI

5 Cara Mengatasi Konflik dengan Rekan Kerja

5 Cara Mengatasi Konflik dengan Rekan Kerja

FYI

Konflik dengan rekan sekantor memang tidak dapat dihindari, karena setiap hari kita bertemu dan berinteraksi dengan mereka, bahkan dari pagi hingga malam.

Pergaulan di kantor, baik dengan rekan sejawat, bawahan, atau atasan bisa dibilang sama intensnya dengan hubungan dengan keluarga. Jadi, jika Anda mengalami masalah di kantor, hal tersebut sering kali mempengaruhi performa kerja Anda. Lalu adakah cara untuk mengatasi konflik tersebut? Ada! Anda bisa mencoba beberapa cara berikut yang dilansir dari Female Network.

1. Jangan Bergosip
Hindari membicarakan masalah atau keburukan rekan kerja yang sedang bermasalah dengan Anda ke rekan kerja lainnya. Bicarakan masalah Anda hanya dengan orang yang objektif dan dapat dipercaya. Ingat, tidak semua orang bisa bersikap objektif. Bukan tidak mungkin, apa yang Anda ceritakan akan disebarluaskan ke orang lain yang justru akan merugikan Anda.

2. Tetap Tenang
Saat konflik dengan rekan kerja mulai memanas, usahakan untuk tetap tenang dan control amarah Anda. Tahanlah untuk tidak mengucapkan kata-kata kasar, meskipun Anda sangat yakin bahwa Anda tidaklah salah. Dengan tetap tenang, akan menunjukkan bahwa Anda menghormati diri sendiri, juga meminimalisir konflik yang lebih parah.

3. Dengarkan dan Berkompromilah
Jika konflik dirasa mulai mereda, datangilah rekan kerja yang bermasalah dengan Anda. Diskusikan dengan pikiran terbuka dan kepala dingin, dengarkan penjelasannya, kemudian cobalah selesaikan masalahnya. Pendapat Anda mungkin akan sangat berbeda dengannya, tapi itu bukan berarti tidak ada titik temu di antara Anda berdua. Jika isi kepala Anda dan rekan Anda tetap tidak bisa disatukan, bersikaplah tenang agar situasi tidak semakin memburuk.

4. Konsultasikan dengan HRD
Tidak ada salahnya meminta bantuan HRD untuk membantu mengatasi konflik Anda dengan rekan kerja. Namun perlu diperhatikan, Anda bisa meminta bantuan HRD jika masalah yang Anda hadapi sudah parah, mengganggu kinerja Anda dan terkait dengan performa perusahaan. Jika hanya masalah pribadi, tidak perlu meminta bantuan HRD.

5. Jika Semuanya Gagal, Abaikan!
Jika semua cara tetap tidak membuahkan hasil, maka cara terbaik yang harus Anda lakukan adalah mengabaikannya. Fokuslah pada diri dan pekerjaan Anda. Memang di dunia ini terkadang ada orang yang sebaiknya Anda hindari. Pekerjaan di kantor tentu sudah cukup memusingkan, Anda tak perlu menambah beban tersebut dengan memikirkan orang yang tidak mau berdamai dengan Anda.