< Tips

5 Cara Mengatur Pendapatan Bulanan

5 Cara Mengatur Pendapatan Bulanan

Tips

Kebanyakan dari kita pasti menggunakan gaji untuk membiayai kebutuhan sehari-hari. Setelah gajian, sering kali ada keinginan untuk membeli hal-hal lain di luar kebutuhan. Jika tidak pintar mengatur gaji, sebelum habis bulan kemungkinan gaji sudah lenyap begitu saja. Berikut, lima cara efektif untuk mengelola gaji agar awet hingga akhir bulan.

1. Membuat Anggaran

Membuat anggaran merupakan suatu keharusan. Anggaran yang ditulis dengan rapi berguna untuk mengontrol pengeluaran. Dahulukan kewajiban, misalnya tagihan atau utang. Jangan lupa menyisihkan sebagian uang untuk ditabung, sementara sisanya dapat Anda gunakan untuk kebutuhan sehari-hari.

2. Dahulukan Membayar Tagihan

Seperti yang sempat disinggung pada poin pertama, setelah menerima gaji usahakan untuk membayar tagihan terlebih dahulu, misal tagihan listrik, telepon atau kartu kredit. Jika ada sisa, dapat Anda sisihkan untuk ditabung.

3. Buat dua atau lebih rekening bank

Memiliki dua atau lebih rekening bank yang berbeda akan memudahkan Anda dalam mengatur gaji bulanan,. Gunakan satu rekening untuk kebutuhan sehari-hari, misalnya membayar tagihan, berbelanja, transportasi dan makan. Rekening lainnya khusus untuk menabung. Tentukan juga jumlah minimal yang harus Anda tabung setiap bulan.

4. Asuransi dan Investasi

Asuransi atau mendepositokan uang sebagai bentuk investasi di masa depan sama halnya dengan disiplin menabung. Berbeda dengan menabung biasa, Anda tentu tidak dapat mengambilnya kapanpun Anda inginkan. Cara ini akan menguntungkan Anda di masa depan.

5. Tabungan Darurat

Terkadang, ada saja kebutuhan mendadak yang mau tidak mau mengunakan uang tabungan. Agar tabungan bulanan Anda tidak terganggu, mulai dengan celengan. Pilih celengan dengan desain unik agar lebih semangat menabung.