< Tips

5 Cara Mengoptimalkan Media Digital untuk Para Generasi Senior

5 Cara Mengoptimalkan Media Digital untuk Para Generasi Senior

Tips

Bekerja di era serba digital bagi sebagian orang seringkali dianggap sebagai tantangan tersendiri. Padahal, adanya platform digital justru dapat memudahkan mereka dalam menyelesaikan pekerjaan.

Namun, bagi mereka yang sudah berumur, era digital tetap saja dianggap sebagai momok. Bukan karena tak bisa memanfaatkannya, melainkan belum mengenal dunia digital secara dekat.

Tapi tenang saja! Ada beberapa tips agar Anda yang termasuk generasi senior dapat mengoptimalkan media digital, sehingga tidak perlu lagi menjadikannya ‘musuh’. Simak tipsnya di bawah ini.

1. Menguasai Teknologi
Menguasai teknologi adalah hal penting yang harus Anda miliki di dunia kerja yang serba digital. Anda tak harus menjadi ahli, cukup dengan mulai peka dan aktif menggunakan media sosial, atau paling tidak, memahami cara menggunakan gadget, seperti smartphone atau laptop.

2. Multitasking
Media digital memungkinkan Anda untuk dapat melakukan beberapa pekerjaan sekaligus. Maka, alangkah baiknya jika Anda dapat bekerja secara multitasking.

Sebagai contoh, jika Anda bekerja sebagai sales, Anda harus terbiasa melakukan berbagai tugas, seperti mempromosikan produk, membuat presentasi yang menarik tentang produk, mengurus angka penjualan, hingga menjawab pertanyaan dan keluhan klien.

3. Etika Tetap Penting
Meski dunia digital terkadang membuat Anda dapat menyelesaikan pekerjaan tanpa harus sering bertatap muka dengan klien, rekan kerja, atau atasan, Anda tetap harus menjaga etika dan sopan santun.

Contohnya, menggunakan kata-kata yang sopan saat menghubungi klien melalui e-mail hingga menulis informasi di website atau media sosial perusahaan.

4. Bangun Citra yang Baik di Dunia Online
Zaman sekarang, perusahaan seringkali memanfaatkan situs pencari seperti Google untuk mencari tahu informasi tentang Anda. Untuk itu, muatlah informasi yang menarik dan bermanfaat di media sosial, atau blog pribadi Anda.

5. Mengikuti Forum Online
Anda dapat memperluas jaringan pertemanan dengan cara mengikuti berbagai forum di media online yang sesuai dengan pekerjaan atau hobi Anda. Misalnya, jika Anda bekerja sebagi wartawan TV, Anda bisa bergabung dengan forum wartawan TV di Facebook. Semoga bermanfaat!