< Tips

5 Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat

5 Cara Mengurangi Kebiasaan Ngemil yang Tidak Sehat

Tips

Pola makan yang sehat tak hanya tentang mengonsumsi makanan bergizi, melainkan juga tahu kapan waktu yang tepat untuk makan.

Ngemil atau menyantap kudapan di antara jam makan merupakan kebiasaan yang paling digemari banyak orang. Kebiasaan ini sebenarnya memang dibutuhkan untuk melengkapi kebutuhan gizi tubuh sekaligus menambah energi. Tapi itu semua tergantung dari apa yang Anda makan dan takarannya.

Menurut penelitian dari University of Illinous-Chicago, makan saat perut tidak lapar menyebabkan lonjakan gula darah lebih tinggi daripada makan saat lapar, walaupun jumlah kalori yang dikandung dalam makanan tersebut sama. Anda juga berpotensi mengalami lonjakan berat badan karena kebiasaan ini.

Jika Anda berniat ingin meninggalkan kebiasaan ngemil yang tidak sehat, ini dia lima cara yang harus Anda coba.

1. Cari Distraksi Positif
Jika Anda terbiasa ngemil saat sedang santai di rumah, cari kebiasaan lainnya yang lebih positif, seperti jalan-jalan di lingkungan sekitar rumah atau melakukan olahraga ringan.

2. Ganti Kudapan dengan Buah
Cara ini memang cukup sulit, buah-buahan memang tidak segurih gorengan atau serenyah wafer, tapi kaya akan vitamin. Mengonsumsi buah-buahan juga dapat membuat perut terasa lebih kenyang.

Agar lebih praktis, Anda bisa memilih jus atau smoothie.

3. Cukupi Kebutuhan Konsumsi Air Mineral
Tubuh membutuhkan air untuk mengganti cairan tubuh yang berkurang usai beraktivitas. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk minum 1,5 sampai 2 liter air mineral setiap harinya.

Jika kurang, maka tubuh akan terasa lemas dan mudah lapar. Untuk itu, usahakan selalu penuhi kebutuhan konsumsi air mineral Anda setiap harinya.

4. Sarapan dan Makan Siang dengan Nutrisi yang Cukup
Menyantap menu sarapan dan makan siang dengan nutrisi yang cukup akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama. Kebutuhan kalori per hari juga terpenuhi dengan baik.

Usahakan memilih menu yang terdiri dari karbohidrat, lemak baik, protein, vitamin, dan serat.

5. Pulang Bekerja Segera Makan
Bagi para pekerja, sepulangnya dari kantor, aktivitas yang asyik dilakukan adalah menonton TV sambil bersantai di sofa. Nah, di sinilah godaan untuk ngemil datang.

Setibanya Anda di rumah, usahakan untuk segera makan malam dengan menu yang bergizi agar kenyang lebih lama. Semoga bermanfaat!