< FYI

5 Cara Menikmati Wine dengan Benar

5 Cara Menikmati Wine dengan Benar

FYI

Bisa dibilang, wine atau anggur adalah minuman yang unik. Bagaimana tidak, proses produksinya yang lama, bahkan penyimpanannya selama bertahun-tahun justru membuat minuman beralkohol ini semakin nikmat dan berkualitas. Karena itu pula, meminum wine tidak bisa sembarangan. Ada beberapa cara khusus untuk benar-benar dapat menikmatinya. Seperti apa caranya? Yuk, cari tahu di bawah ini!

1. Perhatikan Suasana di Sekitar Anda
Sebagai langkah awal, Anda harus mencari ruangan yang terbebas dari berbagai macam aroma, seperti aroma masakan atau wangi parfum. Cari juga suasana yang tenang, dengan begitu, konsentrasi Anda sewaktu menikmati wine tidak akan buyar.

2. Menilai Dari Tatapan
Menuang wine ke gelas tidak perlu penuh-penuh, cukup sepertiga gelas saja. Tahan gelas di bawah cahaya dan goyangkan perlahan. Setelah itu, Anda bisa mengamati kedalaman warnanya. Bila keahlian Anda dalam mencicipi wine semakin meningkat, Anda dapat menilai wine bermasalah atau tidak, terfermentasikan dengan baik atau tidak, disaring dengan baik atau tidak, hanya dengan menatapnya. Bahkan hanya dengan memiringkan gelas dan melihat kilauan warna di tepiannya, Anda dapat menebak berapa usia wine tersebut.

3. Menilai Dari Aroma
Selanjutnya, Anda bisa menilainya dari aroma. Goyangkan gelas secara perlahan, agar aroma wine keluar dan Anda dapat menciumnya. 

Sewaktu mencium, Anda tidak perlu menyorongkan ujung hidung hingga ke dalam gelas. cukup sewajarnya saja. Lakukan dengan tidak terburu-buru. Nikmati dan resapi aroma tersebut.

4. Lidah Dalam Kondisi Baik
Pastikan lidah cukup baik untuk menganalisa rasa. Jangan mencicipi wine sesudah makan makanan yang terlalu manis, asam, asin, pahit, ataupun pedas, agar indera pengecap Anda dapat benar-benar merasakan wine yang akan Anda cicipi.

5. Menikmatinya Secara Perlahan
Aroma yang sudah Anda cium tadi bisa Anda nikmati dan petakan secara perlahan menggunakan lidah. Dari sini, Anda dapat menilai apakah wine tersebut memiliki komposisi yang seimbang atau tidak. Lidah yang awam pun semestinya sudah dapat meraba-raba apakah rasa wine tersebut baik atau tidak. Selamat mencoba!