< Tips

5 Cara Mudah Mengusir Rasa Kantuk di Kantor

5 Cara Mudah Mengusir Rasa Kantuk di Kantor

Tips

Ada kalanya saat pekerjaan di kantor menumpuk, rasa kantuk tiba-tiba datang. Di saat-saat seperti inilah, Anda pun jadi sulit berkonsentrasi. Ingin sekali bisa tidur sejenak, namun takut akan menimbulkan masalah. Jadi, apa yang seharusnya dilakukan jika kantuk mulai menyerang? Tenang saja! Ada beberapa cara mudah yang bisa Anda lakukan untuk mengusirnya agar tidak mengganggu pekerjaan. Yuk, baca selengkapnya di bawah ini!

1. Cuci Muka
Bisa dibilang, ini adalah cara klasik yang cukup ampuh untuk mengusir kantuk. Dengan mencuci muka, wajah akan terasa segar dan Anda merasa terjaga. Namun, pastikan Anda menggunakan air dingin untuk membasuh muka. Sebab, jika menggunakan air hangat justru akan membuat Anda merasa rileks dan rasa kantuk pun semakin menjadi-jadi.

2. Melakukan Aktivitas Lain
Anda bisa melakukan olahraga kecil, seperti olah tubuh, atau bisa juga sedikit bersenda gurau dengan rekan kerja. Namun, jangan sampai lupa waktu dan mengganggu ketenangan kantor, ya!

3. Keluar Sejenak Dari Kantor
Jika di sekitar kantor Anda terdapat ruang terbuka hijau, Anda bisa mengunjunginya sejenak untuk mencari udara segar. Cara ini dapat membuat tubuh aktif bergerak dan merasa segar kembali. Selain itu, paparan sinar matahari juga dapat membantu menghilangkan hormon melatonin, yakni hormon dalam tubuh yang dapat menyebabkan kantuk.

4. Makan Camilan
Selain dapat menahan rasa lapar, camilan juga dapat menghilangkan rasa kantuk, lho. Menyantap kudapan manis atau kudapan sehat akan memberikan energi tambahan untuk tubuh. Anda juga bisa mengunyah permen karet sebagai alternatif lain. Cara ini dapat membuat Anda terjaga dan kembali fokus.

5. Mendengarkan Musik yang Bersemangat
Cara ini adalah cara yang paling sering digunakan para pekerja kantoran untuk mengusir rasa kantuk. Cobalah mendengarkan musik-musik bertempo cepat, seperti musik bergenre metal, rock, punk, atau EDM (Electronic Dance Music) agar Anda ikut terbawa lagu dan kembali semangat bekerja. Selamat mencoba!