< Tips

5 Cara Mudah Menjadi YouTuber Sukses

5 Cara Mudah Menjadi YouTuber Sukses

Tips

Beberapa tahun terakhir, situs seperti YouTube telah dijadikan sebagai lahan untuk meraup keuntungan. Bahkan, banyak di antaranya yang menjadikan YouTuber sebagai profesi.

Di tahun ini saja, setidaknya sudah ada ribuan YouTuber yang bergabung. Jumlah tersebut dipastikan terus meningkat seiring berjalannya waktu.

Uniknya, ada orang yang mendadak kaya berkat kanal YouTube yang dimilikinya. Tak tanggung-tanggung, penghasilan yang diterima setiap bulannya mencapai puluhan, bahkan ratusan juta rupiah.

Tertarik ingin menjadi YouTuber? Simak dulu cara-caranya di bawah ini!

1. Buatlah Konten Menarik
Membuat konten yang menarik adalah bagian yang paling sulit, mengingat masing-masing orang memiliki selera yang berbeda.

Tapi jika Anda berhasil membuat konten yang menarik, video tersebut akan menarik minat banyak orang untuk menontonnya atau bahkan menjadi subscriber kanal YouTube Anda.

Hal termudah adalah dengan cara mengabadikan aktivitas sehari-hari Anda. Ketika Anda sudah membuat konten, fokuslah pada satu konten dan kembangkan dalam berbagai rupa agar semakin menarik untuk ditonton.

2. Buat Video dengan Resolusi yang Baik
Bayangkan jika Anda sudah memiliki konten video yang bagus, tapi gambarnya pecah, pasti penonton enggan untuk menyaksikannya lebih lama.

Agar mendapatkan resolusi video yang bagus, gunakanlah kamera khusus untuk vlog, gunakan pencahayaan, dan aplikasi edit video yang bagus.

3. Rutin Mengunggah Video
Banyak orang yang sudah memiliki akun YouTube, tapi kurang atau bahkan tidak pernah mengunggah konten apapun. Ini bisa terjadi karena sibuk, atau malas karena harus melakukan rekaman video yang bagi sebagian orang cukup merepotkan.

Ketika Anda malas mengunggah video di YouTube, percayalah, satu per satu subscriber akan meninggalkan channel Anda. Padahal, keberadaan subscriber sangatlah penting untuk meningkatkan popularitas Anda di YouTube.

Unggah video secara rutin agar para subscriber merasa terhibur dengan konten yang Anda unggah.

4. Tidak Perlu Banyak Iklan
Para YouTuber juga biasanya bekerja sama dengan Google Adsense untuk menayangkan iklan. Tak dapat dipungkiri, Google AdSense juga menjadi sumber pendapatan terbesar para YouTuber.

Namun, menayangkan iklan terlalu banyak juga tidak baik untuk kanal YouTube Anda. Bayangkan, jika Anda sedang asyik-asyiknya nonton video tiba-tiba terpotong iklan, pasti menjengkelkan.

Belum lagi kalau iklannya tidak bisa di-skip atau dilewatkan, dengan durasi yang agak lama. Yang ada subscriber Anda akan bosan dan beralih ke channel lain. Tak apa jika Anda ingin memasang iklan, tapi tempatkan di waktu yang tepat dan jangan terlalu banyak.

5. Promosikan Kanal Anda
Ada banyak media sosial yang bisa dimanfaatkan untuk mempromosikan YouTube Anda. Misalnya, Instagram, Twitter, atau Facebook. Manfaatkan sosial media tersebut untuk mempromosikan akun YouTube Anda.

Jangan lupa sematkan link YouTube Anda agar orang lain tidak perlu susah payah mencarinya. Anda bisa menyematkan link tersebut di profil akun Instagram, membagikannya di Facebook atau Twitter. Selamat mencoba!