Sunday, September 15, 2019
Technology
Technology

5 Cara Mudah Menjaga Ponsel Aman dari Hacker

Spectr News Theme Isny Dewi R.
05, September 2019
176

Ponsel cerdas yang kita gunakan menyimpan banyak data pribadi, yang artinya penting untuk menjaga keamanannya. Saat kebocoran data menjadi semakin umum, dengan aplikasi media sosial seperti Instagram dan Facebook, menjadi korban pelanggaran dalam beberapa tahun terakhir, menjaga aktivitas web Anda aman bisa menjadi semakin kritis. Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda lakukan untuk menjaga smartphone Anda tetap aman dari para peretas, dilansir dari Business Insider.

1. Gunakan Aplikasi yang Aman untuk Komunikasi
Gunakanlah aplikasi aman yang menggunakan teknik seperti enkripsi untuk melindungi data Anda. Ini dapat mengurangi kemungkinan penyusup mengintip percakapan Anda. Enkripsi adalah proses yang membuat informasi tampak tidak dapat dimengerti ketika ditransfer dari pengirim ke penerima, meningkatkan kemungkinan hanya pihak yang dituju yang dapat melihat pesan teks atau email Anda.

Baik Gmail dan Outlook menggunakan enkripsi selama penerima juga menggunakan penyedia email yang mendukungnya. Mereka yang berurusan dengan informasi ekstra sensitif juga dapat mencoba Proton Mail, yang tidak memantau aktivitas web seperti perusahaan besar Google dan hanya menyimpan data di negara-negara dengan perlindungan privasi yang kuat, seperti Swiss.

Ketika berbicara tentang olah pesan, pilihan terbaik untuk pengguna yang berorientasi privasi adalah Signal, yang tersedia untuk iOS dan Android dan mendukung enkripsi end-to-end di samping fitur keamanan-sentris lainnya, seperti kemampuan untuk mengatur riwayat obrolan Anda menjadi menghilang. IMessage Apple dan Facebook WhatsApp juga mendukung enkripsi end-to-end secara default.

2. Selalu Perbarui Perangkat Lunak di Smartphone
Menjaga agar ponsel Anda selalu update sangat lah penting karena beberapa alasan. Selain menyediakan fitur-fitur baru ke perangkat Anda, cara ini juga dapat memastikan bahwa Anda berjalan pada versi yang paling aman dari iOS Apple atau sistem operasi Google Android. Itu karena pembaruan sistem operasi terkadang menyertakan perbaikan untuk kerentanan yang dapat dieksploitasi oleh pelaku kejahatan jika dibiarkan tanpa pengawasan.

3. Batasi Aplikasi yang Dapat Mengakses Perangkat dan Informasi Pribadi
Dari lokasi Anda hingga kontak di buku telepon Anda, aplikasi dapat mengumpulkan beragam data dari ponsel Anda. Cara terbaik dan paling efisien untuk mengurangi aplikasi dapat mengakses informasi pribadi Anda adalah dengan menghapus aplikasi apa pun dan masing-masing akun yang tidak Anda gunakan. Bersihkan pustaka aplikasi Anda dan singkirkan program yang sudah lama tidak Anda buka, terutama aplikasi yang telah Anda unduh untuk acara tertentu seperti festival atau konferensi.

4. Gunakan Password Manager
Menghafal kata sandi individual untuk semua akun daring Anda mungkin sulit. Dan menggunakan kembali kata sandi yang sama untuk banyak akun bukan lah ide yang baik. Itu sebabnya aplikasi seperti LastPass, 1Password, dan Keeper bisa sangat berguna. Aplikasi ini menghasilkan kata sandi acak yang kompleks dan dapat secara otomatis memasukkan Anda ke situs web. Yang harus Anda lakukan adalah mengingat kata sandi utama Anda untuk layanan ini. Dan saat membuat kata sandi utama atau kata sandi apa saja, buat lah kata sandi yang unik dan sulit ditebak.

5. Gunakan VPN saat Terhubung dengan Wi-Fi di Tempat Umum
Kita mentransfer informasi sensitif melalui jaringan Wi-Fi setiap hari, itulah mengapa sangat penting untuk memastikan Anda melakukannya dengan cara yang aman dan pribadi. Jaringan pribadi virtual atau VPN, dapat membantu dengan Anda. VPN membuat koneksi Wi-Fi aman yang menutupi alamat protokol internet perangkat Anda, sehingga menyembunyikan lokasi dan identitas ponsel Anda. Lapisan keamanan ekstra itu juga membuat jauh lebih kecil kemungkinan penyusup dapat mengakses informasi sensitif yang dibagikan melalui Wi-Fi dibanding menggunakan jaringan publik biasa. Beberapa layanan VPN yang populer yang bisa Anda coba antara lain NordVPN, ExpressVPN, dan PureVPN.

 

Top Photo Source: pixabay.com/users/jeshoots-com-264599

Isny Dewi R.
Isny Dewi R.
Journalist
Registration