< Marketing

5 Cara Mudah untuk Membuat Marketing Roadmap

5 Cara Mudah untuk Membuat Marketing Roadmap

Marketing

Dalam menentukan strategi marketing, dibutuhkan berbagai macam opsi sampai menemukan strategi yang tepat untuk produk Anda dan tentunya sesuai dengan budget. Untuk memudahkan Anda dan tim dalam melakukan teknik marketing, ada baiknya Anda membuat marketing roadmap agar semuanya berjalan sesuai target dan selalu fokus.

Bagi Anda yang masih asing dengan membuat marketing roadmap, berikut 5 cara mudah yang bisa Anda ikuti. Check it out!

1. Tentukan Sasaran
Hal pertama yang pastinya harus Anda lakukan terlebih dahulu adalah tentukan sasaran Anda. Menentukan sasaran dapat membantu Anda untuk mengeksekusi teknik marketing setelah mengumpulkan ide-ide. Sasaran dan target ini tentunya harus sesuai dengan kemampuan tim Anda agar Anda sendiri tidak kewalahan dengan memiliki ekspektasi yang tinggi. 

2. Inisiatif
Memiliki inisiatif sangatlah baik untuk apapun. Dalam hal ini, inisiatif dapat membantu mewujudkan sasaran marketing Anda. Inisiatif termasuk dalam upaya yang dilakukan dalam bentuk apapun.

Perlu diingat juga bahwa tindakan inisiatif ini perlu dilakukan dalam waktu sesingkat-singkatnya karena biasanya inisiatif muncul untuk memudahkan suatu hal yang dalam kasus ini, untuk mencapai sasaran marketing Anda. Anda bisa mendorong tim Anda untuk lebih memperbanyak inisiatif. 

3. Ciptakan Karakter
Agar produk Anda lebih dikenali oleh target pasar, buatlah sebuah karakter yang menggambarkan produk Anda. Karakter tersebut bisa mewakili seluruh perusahaan dengan disisipkan nilai kerja yang memang perusahaan Anda embani.
Karakter ini bisa berupa karkater fiksi, animasi, atau apapun sesuai image perusahaan Anda.

Pembuatan karakter atau maskot ini bisa membantu sebagai salah satu strategi marketing Anda dengan selalu melibatkannya pada setiap kampanye. 

4. Mulai Kampanye
Setelah semua strategi tersusun rapi, saatnya untuk memulai kampanye. Ini merupakan peran penting dari sebuah marketing. Tentunya kampanye ini harus sesuai dengan strategi yang telah Anda ‘masak’ sebelumnya agar dapat mencapai target pasar Anda. 

5. Share Progress
Setelah kampanye berjalan, satu hal yang juga penting adalah Anda harus sharing dengan tim bagaimana hasil dari kampanye marketing yang Anda lakukan.

Hal ini dilakukan agar tim Anda tahu berhasil atau tidaknya strategi yang telah ditentukan. Bila kurang berhasil, bisa diganti dengan strategi yang lain dan jika sebaliknya strategi tersebut bisa dipertahankan dan dikembangkan.