< FYI

5 Cara Mudah untuk Menjadi Influencer Sukses

5 Cara Mudah untuk Menjadi Influencer Sukses

FYI

Beberapa tahun belakangan, jejaring sosial seperti Instagram dan YouTube mulai dimanfaatkan oleh banyak brand sebagai media promosi yang cukup efektif untuk memperkenalkan produk atau jasa sekaligus menjangkau calon pembeli. Sejak itu, muncul fenomena baru bernama influencer.

Influencer sendiri merupakan seseorang yang memiliki banyak followers di jejaring sosial dan memiliki pengaruh kuat pada followers-nya. Biasanya, sebuah brand membayar influencer untuk mempromosikan produk atau jasa dengan cara mengunggahnya di jejaring sosial. Tidak mengherankan jika saat ini semakin banyak orang yang ingin menjadi influencer. Berikut 5 cara mudah untuk mengelola akun media sosial dan menjadi seorang influencer sukses.

1. Platform

Pilih jejaring sosial yang sesuai dengan passion Anda. Misalnya, Anda termasuk orang yang senang berbicara di depan kamera, didukung dengan kemampuan mengedit video di atas rata-rata, maka, YouTube menjadi pilihan yang sangat ideal. Namun, jika Anda percaya diri dengan kemampuan menyusun kata-kata persuasif, Instagram menjadi pilihan yang pas.

2. Jenis Konten

Setelah memilih platform mana yang akan Anda gunakan untuk menggaet banyak followers, tentukan konten. Salah satu konten yang dapat Anda pakai untuk menarik engagement followers adalah testimonial klien. Biasanya, followers lebih percaya dan tertarik membeli sebuah produk atau jasa yang sudah ada testimonialnya. Selain dapat mengunggah testimonial dalam bentuk teks, Anda juga bisa mencoba membuatnya dalam bentuk video singkat.

3. Kualitas Foto atau Video

Ini yang membedakan influencer dengan pengguna jejaring sosial biasa. Kualitas foto atau video yang baik dipercaya dapat meningkatkan engagement dengan followers. Selain mempertimbangkan perangkat, seperti menggunakan ponsel atau kamera, Anda juga wajib mengetahui waktu-waktu terbaik kapan seharusnya mengambil foto atau video, misal memanfaatkan cahaya matahari alami di pagi atau sore hari. Bisa juga menggunakan pencahayaan tambahan jika melakukan pengambilan gambar di dalam ruangan.

4. Gunakan Hashtag

Selain menambah jumlah like dan follower, ternyata hashtag atau tanda pagar juga dapat dimanfaatkan untuk memperkenalkan produk dan jasa pada followers. Hashtag memudahkan followers untuk mendapatkan informasi mengenai foto atau video yang Anda unggah. Gunakan hashtag yang tepat dan konsisten untuk mempromosikan sebuah brand.

5. Jaringan Pertemanan

Sukses menjadi influencer tidak terlepas dari jaringan pertemanan. Perluas jaringan pertemanan dengan cara rajin berkenalan dengan influencer lain dan perwakilan dari brand yang mengadakan sebuah event. Tujuannya, agar Anda dapat termotivasi dan tetap update dengan perkembangan yang sedang terjadi.